EVALUASI MAHASISWA PADA PENERAPAN CASE METHODE DAN PROJECT BASED LEARNING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Granita Putri Azizah, 2301419011 (2023) EVALUASI MAHASISWA PADA PENERAPAN CASE METHODE DAN PROJECT BASED LEARNING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301419011_Granita Putri Azizah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penerapan kurikulum Outcome Based Education (OBE) menyaratkan adanya dua metode pembelajaran yaitu case methode dan project based learning, sehingga perlu adanya evaluasi dalam pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon mahasiswa dalam mengevaluasi pembelajaran berbasis studi kasus dan juga proyek kelompok di prodi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang. Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang angkatan 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi program yaitu CIPP (context, input, process, product) dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran di kelas. Dalam penelitaian angket mahasiswa pada pembelajaran case method dan project based learning menggunakan kriteria likert selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitataif. Penerapan evaluasi CIPP pada pembelajaran Case Method dan Project Based Learning, Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis menggunakan case method dan project based learning (PBL) ksesemuanya dilihat dari sisi konteks, masukan, proses dan hasil dalam kategori baik. Adapun masukan dari mahasiswa terhadap pembelajaran case method dan project based learning sudah cukup baik, mahasiswa lebih dominan memberikan masukan terkait proses. Mahasiswa menyarankan untuk proses pelaksanaan pembelajaran lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIPP, Case Methode, Project Based Learning
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:16
Last Modified: 03 Jun 2024 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62751

Actions (login required)

View Item View Item