RESPON GURU TERHADAP APLIKASI FRANÇAIS FUN UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA


Marwah Permata, 2301419007 (2023) RESPON GURU TERHADAP APLIKASI FRANÇAIS FUN UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301419007_Marwah Permata.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam praktik pembelajaran membaca bahasa ternyata masih terdapat beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dengan guru bahasa Prancis di SMA Negeri 1 Karangtengah dan SMA Negeri 2 Ungaran diperoleh informasi bahwa permasalahan umum dalam membaca ada tiga yakni : penguasaan kosakata, kesulitan memahami bacaan dan membaca nyaring. Untuk mengatasi beberapa masalah yang dialami siswa SMA maka dibutuhkan sebuah media yang lebih bervariatif. Dewasa ini, untuk menjawab tantangan zaman, semakin banyak dikembangkan media untuk pembelajaran membaca berbasis teknologi, termasuk di dalamnya aplikasi. Terdapat sebuah aplikasi bernama français fun yang dikembangkan oleh Wakidah (2022) yang dirancang sebagai sebuah alternatif media pembelajaran bahasa Prancis untuk meningkatkan penguasaan kosakata melalui keterampilan membaca (Compréhension écrite). Aplikasi tersebut telah divalidasi oleh seorang validator dari dosen Pendidikan Bahasa Prancis dan belum diukur respon guru terhadap media pembelajaran tersebut. Aplikasi français fun dikembangkan pada saat kurikulum 2013, sedangkan saat ini kurikulum pendidikan telah berganti menjadi kurikulum merdeka. Pergantian kurikulum tentunya terdapat perubahan di dalamnya seperti Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013. Berdasarkan perubahan kurikulum tersebut, maka diperlukan respon guru terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan agar dapat diketahui apakah media tersebut layak atau tidak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Prancis dalam kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana respon guru terhadap aplikasi français fun dilihat dari aspek isi, penyajian, serta kebahasaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah data hasil pengisian angket yang berupa angka dan komentar atau saran dari para guru. Sumber data pada penelitian ini berasal dari para guru yaitu empat guru SMA bahasa Prancis yaitu; SMA Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam, SMAN 1 Subah, SMAN 2 Ungaran dan SMAN 1 Karangtengah Demak. Penelitian ini menggunakan instrumen angket sebagai metode pengumpulan data yang terdiri dari 21 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan aspek memperoleh skor sebesar 314 dengan kategori Baik. Kemudian, jika dilihat setiap aspeknya aplikasi français fun masuk dalam kategori Baik. Meskipun dikatakan layak, namun para guru menemukan beberapa kekurangan dan kesalahan dari aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Respon guru, Aplikasi Français Fun, Keterampilan membaca
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:12
Last Modified: 03 Jun 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62750

Actions (login required)

View Item View Item