PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS EKOWISATA WONOSOBO YANG BERMUATAN DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA, DAN BERAKHLAK MULIA


Anggun Sylvia Dewi, 2101419100 (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS EKOWISATA WONOSOBO YANG BERMUATAN DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA, DAN BERAKHLAK MULIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101419100_Anggun Sylvia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Buku merupakan bagian tidak terpisahkan dari dunia pendidikan, seorang pendidik dapat menggunakannya sebagai alat untuk mengelola pembelajaran yang efektif di dalam kelas. Selain itu, peserta didik juga dapat memanfaatkan buku sebagai media pendukung dalam mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Berdasarkan jenis dan tujuannya, terdapat buku pengayaan yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara terhadap pendidik dan peserta didik diperlukan buku pengayaan yang mampu mendukung pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Melalui pengemasan pembelajaran bahasa yang mengangkat kekayaan potensi wisata di daerah Wonosobo diharapkan dapat menanamkan kecintaan siswa terhadap bahasa dan budaya daerahnya sendiri. Dalam mengembangkan buku pengayaan teks laporan hasil observasi berbasis ekowisata Wonosobo, perlu mencantumkan nilai-nilai profil pelajar pancasila di dalamnya. Nilai religius profil pelajar pancasila yang dimuat berkaitan dengan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Penanaman nilai tersebut menjadi pondasi utama bagi siswa untuk mengarungi kehidupan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsi kebutuhan pengembangan buku pengayaan teks laporan hasil observasi berbasis ekowisata Wonosobo yang bermuatan nilai religius, (2) menentukan prinsip pengembangan buku pengayaan teks laporan hasil observasi, (3) menyusun prototipe/model buku pengayaan teks laporan hasil observasi, (4) menentukan hasil penilaian produk buku pengayaan teks laporan hasil observasi berbasis ekowisata yang bermuatan nilai religius, dan (5) merevisi/memperbaiki prototipe buku pengayaan teks laporan hasil observasi berbasis ekowisata Wonosobo yang bermuatan nilai religius. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi lima tahapan/langkah menurut Sugiyono (2008) yaitu: (1) identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Sumber data kebutuhan penyusunan buku pengayaan meliputi pendidik dan peserta didik dari SMP Negeri 13 Semarang, SMP Semesta 2 Semarang, dan SMP Negeri 1 Leksono. Adapun uji validasi prototipe buku dilakukan oleh tiga dosen ahli dalam bidang kebahasaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, angket kebutuhan, dan angket validasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) peserta didik dan pendidik membutuhkan buku pengayaan teks laporan hasil observasi untuk menambah pengetahuan/wawasan, buku yang diharapkan disertai dengan gambar/ilustrasi yang menarik pada tiap teks; (2) kriteria pengembangan buku meliputi aspek isi ix materi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek grafika; (3) prototipe buku terdiri dari beberapa bagian meliputi: kulit buku; bagian awal buku yang berisi halaman judul, identitas buku, kata pengantar, dan daftar isi; bagian isi yang memuat empat bab di dalamnya; bagian akhir berisi daftar pustaka, glosarium, dan biografi singkat penulis; (4) Penilaian validator berkaitan dengan prototipe buku pengayaan teks laporan hasil observasi berbasis ekowisata yang bermuatan nilai religius termasuk dengan kategori sangat layak. Pada aspek isi materi memperoleh skor 85,7% termasuk kategori sangat layak, aspek penyajian materi memperoleh skor 81,25% dengan kategori sangat layak, penilaian aspek penggunaan bahasa mendapatkan skor 83,3% dengan kategori sangat layak, dan aspek grafika memperoleh skor 79,16% termasuk kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran yang direkomendasikan yaitu: (1) pendidik dapat memanfaatkan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi berbasis ekowisata Wonosobo yang bermuatan nilai religius sebagai penunjang dalam proses pembelajaran; (2) peserta didik dapat mengimplementasikan nilai-nilai religius profil pelajar pancasila seperti akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap lingkungan, dan akhlak sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari; (3) penelitian ini hanya sampai pada tahap kelima yaitu merevisi prototipe buku. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lanjutan berupa tahap uji coba produk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan; ekowisata, nilai religius, pengembangan.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 May 2024 03:17
Last Modified: 08 May 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62678

Actions (login required)

View Item View Item