PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING LEVEL 4 BERTEMA HERBA INDONESIA UNTUK PENGENALAN BUDAYA SEHAT


IFLAHUL AMAL, 2101419082 (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING LEVEL 4 BERTEMA HERBA INDONESIA UNTUK PENGENALAN BUDAYA SEHAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101419082 - iflahul amal.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dewasa ini kurang bervariasi, sehingga mengakibatkan kegiatan pembelajaran kurang efektif dan efesien. Kemudian, kurang dikenalkannya herba asli Indonesia, yang dimana peneletian-penelitian atau pengembanganpengembangan sebelumnya tidak pernah membahas tentang hal ini. Berhubungan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan sebuah pengembangan aplikasi pembelajaran yang menarik dan bervariasi seperti media pembelajaran “ACHI” (Aku Cinta Herba Indonesia) yang berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif dan efesien sebuah aplikasi ini untuk digunakan dalam pembelajaran dan juga untuk mengenalkan herba Indonesia kepada pemelajar BIPA. Dalam penelitian ini terdapat empat kajian pustaka, dan masing-masing kajian pustaka tersebut memiliki persamaan dan perbedaan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis. Selain terdapat persamaan dan perbedaan, dijelaskan pula kelebihan serta kelemahan kajian pustaka yang diambil oleh penulis. Lalu dalam penelitian ini menggunakan empat teori, yaitu yang pertama tentang BIPA, yang kedua media, yang ketiga aplikasi, dan yang keempat herba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Borg and Gall yang ditransformasi oleh Sugiyono, terdiri dari 5 tahapan yaitu, menggali potensi masalah, proses pengumpulan data, mendesain produk, validasi, dan yang terakhir revisi produk. Dalam proses ini, produk yang dihasilkan adalah sebuah aplikasi “ACHI” yang akan divalidasi oleh para ahli di bidangnya. Penelitian ini menghasilkan dua aspek karakteristik pengembangan media pembelajaran BIPA. Aspek yang pertama adalah kebutuhan akan media pembelajaran berbentuk aplikasi ACHI oleh pengajar BIPA dan pemelajar asing., dan aspek yang kedua adalan harapan, saran, serta tanggapan para pengajar BIPA dan pemelajar asing untuk media pembelajaran ini. Proses penyusunan prototipe media pembelajaran disusun dalam lima bagian yaitu, bentuk fisik, halaman awal, muatan isi atau materi, latihan, serta evaluasi. Ketepatan produk yang telah disusun kemudian dinilai. Ketepatan produk ditinjau dari data hasil validasi produk dan menghasilkan presentase penilaian ahli media dapat diketahui hasil rata-rata presentase validasi ahli media yaitu 2,67 dengan memperhatikan catatan ahli dan sedikit revisi. Ahli Materi memberikan penilaian degan presentase 3,46 dengan revisi dan memperhatikan catatan ahli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, aplikasi, ACHI, pembelajaran, BIPA Penggunaan media dalam pembelajaran BIPA (B
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 May 2024 02:49
Last Modified: 08 May 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62677

Actions (login required)

View Item View Item