NILAI MULTIKULTURAL DAN KELAYAKAN TEKS SASTRA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP KURIKULUM MERDEKA


Ayu Lestari, 2101419012 (2023) NILAI MULTIKULTURAL DAN KELAYAKAN TEKS SASTRA DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP KURIKULUM MERDEKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101419012_AYU LESTARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keberagaman yang ada di Indonesia sering kali menjadi permasalahan dikalangan pelajar. Kasus yang muncul akibat perbedaan budaya, suku, maupun status sosial tersebut memiliki potensi yang besar terjadinya intoleransi maupun perundungan. Bahkan, akibat perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat mendorong peserta didik melakukan kejahatan tersebut melalui media sosial. Maka dari itu, penanaman nilai multikultural diperlukan oleh pendidik untuk mengatasi hal tersebut. Penggunaan teks sastra bermuatan nilai-nilai muktikultural dalam pembelajaran dapat menjadi cara alternatif mencegah permasalahan tersebut. Pemilihan teks sastra tersebut juga perlu mempertimbangkan aspek kelayakan seperti kesahihan, kesesuaian maupun keberagamannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terhadap teks sastra yang memiliki muatan nilai multikultural untuk dijadikan bahan ajar pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, antara lain (1) mendeskripsikan nilai-nilai multikultural teks sastra dalam buku teks Bahasa Indonesia di jenjang SMP dalam kurikulum merdeka; dan (2) menjelaskan kelayakan teks sastra berdasarkan kesahihan, kesesuaian, dan keberagamnnya dalam buku teks Bahasa Indonesia di jenjang SMP dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi dokumen. Adapun data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, paragraf dan kutipan teks sastra dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sementara itu, dalam tahap analisis data penelitian ini melaui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian terhadap nilai multikultural dan kelayakan teks sastra dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP Kurikulum Merdeka menunjukkan (1) Nilai multikultural yang terdapat dalam teks sastra untuk buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP kurikulum merdeka, yaitu a) nilai toleransi terdapat dalam 16 teks sastra, b) nilai semangat kebangsaan ditemukan dalam 8 teks sastra, c) nilai peduli sosial terdapat dalam 13 teks sastra, d) nilai keadilan ditemukan dalam 6 teks sastra, e) nilai penghargaan budaya Indonesia hanya ix ditemukan dalam 5 teks sastra, f) nilai kesetaraan ditemukan dalam 10 teks sastra, g) nilai demokrasi hanya terdapat dalam 1 teks sastra, h) nilai tolong-menolong ditemukan dalam 8 teks sastra. (2) Teks satra yang ditemukan dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP kurikulum merdeka berjumlah 6 jenis teks prosa serta 14 teks puisi. Jadi, total teks sastra dalam buku tersebut adalah 20 teks. Terdapat 18 teks sastra yang yang layak digunakan karena sudah memenuhi semua kriteria kelayakan baik kesahihan, kesesuaian, dan keberagaman. Sedangkan, terdapat 2 teks sastra yang tidak layak digunakan. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa seluruh teks sastra dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP kurikulum merdeka mengandung salah satu nilai multiktural. Nilai multikultural yang sering muncul dalam teks sastra adalah nilai toleransi. Sedangkan, nilai multikultural yang jarang muncul dalam teks sastra adalah nilai demokrasi. Di samping itu, diketahui bahwa nilai multikultural dalam teks sastra banyak ditemukan dalam jenis teks cerita fantasi dan cerita pendek. Dan, nilai multikultural sulit ditemukan dalam teks sastra berjenis teks puisi rakyat maupun puisi baru. Sementara itu, berdasarkan analisis kelayakan teks sastra tersebut dapat disimpulkan jika sebagian besar teks sastra telah memenuhi kriteria layak, hanya ada 2 teks yang memenuhi kriteria tidak layak digunakan dalam pembelajaran. Kedua teks sastra yang tidak layak digunakan tersebut berjenis syair dan mantra yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP kurikulum merdeka untuk kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Multikultural, Kelayakan, Teks Sastra, Kurikulum Merdeka.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 May 2024 04:15
Last Modified: 07 May 2024 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62671

Actions (login required)

View Item View Item