PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBHINNEKAAN GLOBAL


Frissillia Anzalina Devy, 2101419002 (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBHINNEKAAN GLOBAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101419002_Frissillia Anzalina Devy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi bagi peserta didik SMA sederajat kelas X belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena buku penunjang yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik masih sangat kurang. Berdasarkan kurikulum merdeka, pendidik masih terpaku dengan bahan ajar yang diterbitkan oleh pemerintah. Dalam bahan ajar tersebut, materi dan contoh-contoh teks laporan hasil observasi yang disajikan masih belum rinci dan terbatas. Buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinnekaan global dipilih sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinnekaan global dipilih agar peserta didik mampu menyikapi keberagaman kebudayaan Indonesia dengan sikap terbuka dan toleransi. Lebih dari itu, peserta didik diharapkan dapat mengenal dan melestarikan beragam kebudayaan tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar pancasila berkebhinnekaan global, (2) bagaimanakah purwarupa buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar pancasila berkebhinnekaan global mengacu pada kebutuhan peserta didik dan pendidik, (3) bagaimanakah penilaian ahli terhadap buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar pancasila berkebhinnekaan global untuk peserta didik SMA kelas X, dan (4) bagaimanakah perbaikan purwarupa buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar pancasila berkebhinnekaan global berdasarkan penilaian dari ahli. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap yaitu: (1) mengidentifikasi potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) memvalidasi desain, dan (5) merevisi produk. Sumber data dalam penelitian adalah peserta didik, pendidik, dan dosen ahli selaku validator. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pendidik dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinnekaan global. Buku pengayaan dikembangkan dengan memperhatikan viii empat aspek meliputi aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek kegrafikaan. (2) Purwarupa buku pengayaan terdiri atas empat bagian yakni bagian kulit buku/sampul buku, bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. (3) Penilaian yang diperoleh yakni aspek isi/materi dengan nilai rata-rata 4,3 (sangat baik), aspek penyajian dengan nilai rata-rata 4,2 (sangat baik), aspek bahasa dan keterbacaan dengan nilai rata-rata 3,9 (baik), aspek kegrafikaan dengan nilai rata-rata 4 (baik), sehingga nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil uji validasi yaitu 4,1 (sangat baik). (4) Perbaikan purwarupa buku pengayaan dilakukan pada aspek materi meliputi memberikan kutipan penguatan nilai karakter berkebhinnekaan global dan menambahkan materi pembeda teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi, aspek penyajian meliputi mengganti kata sapaan “kamu”; memperjelas informasi tentang langkah-langkah menulis teks laporan hasil observasi; menambahkan halaman prancis; dan mengubah pola penyajian materi, aspek bahasa dan keterbacaan meliputi memperbaiki penggunaan penomoran sesuai kaidah penulisan penomoran; memperbaiki pengetikan; memperbaiki kalimat yang bermakna ganda/ambigu; memberikan keterangan pada setiap gambar yang berada di awal bab; dan menghilangkan bentuk kalimat perintah, dan aspek kegrafikaan meliputi mengubah gambar pada sampul buku; memperbaiki ukuran huruf; dan memperbaiki bentuk huruf; dan memperbaiki komponen pada sampul buku. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan beberapa saran kepada beberapa pihak antara lain: (1) pendidik sebaiknya menggunakan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinnekaan global sebagai sumber bacaan lain untuk materi menulis teks laporan hasil observasi. (2) Peserta didik sebaiknya menggunakan buku pengayaan untuk menambah refererensi terkait materi teks laporan hasil observasi sehingga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan; meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi; dan menumbuhkan nilai karakter berkebhinnekaan global. (3) Peneliti lain perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinnekaan global.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis teks laporan hasil observasi, profil pelajar Pancasila dimensi Berkebhinnekaan Global.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 May 2024 03:34
Last Modified: 07 May 2024 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62670

Actions (login required)

View Item View Item