KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL SQ3R DAN P2R PADA SISWA KELAS VIII SMP


Sania Uli Wardani 2101418102, Sania Uli Wardani 2101418102 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL SQ3R DAN P2R PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101418102_Sania Uli Wardani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi membutuhkan kreativitas dalam pelaksanaannya. Melalui mengidentifikasi informasi, peserta didik dapat memperoleh informasi dalam bacaan. Pengetahuan mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi juga penting dalam pembelajaran mengidentifikasi teks eksplanasi. Siswa harus berpikir kritis untuk menemukan informasi dan pemahaman mengenai struktur, isi, dan kebahasaan teks eksplanasi. Salah satu hal yang mempengaruhi pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi yaitu rendahnya kemampuan membaca siswa, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan yang dibacanya. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan karena ketepatan dalam memilih dan menggunakan model sangat berpengaruh terhadap pemahaman bacaan. Model pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini adalah SQ3R (Survey, Qestion, Read, Recite, dan Review) dan model P2R (Preview, Read, dan Review). Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan model SQ3R pada siswa kelas VIII SMP, (2) bagaimana keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan model P2R pada siswa kelas VIII SMP, (3) bagaimana perbedaan keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan model SQ3R dengan P2R pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental (eksperimen kuasi). Desain eksperimen kuasi ini yakni nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Brangsong. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VIII E dan VIII F SMP Negeri 2 Brangsong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model SQ3R dan model P2R sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah prestest dan postest sedangkan teknik nontes dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik. Dalam penelitian ini dibantu dengan program SPSS versi 24. Untuk menguji persyaratan analisis data digunakan uji normalitas. Sementara, untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Adapun jenis uji-t yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan model SQ3R pada siswa kelas VIII SMP vii lebih efektif dibandingkan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan model P2R pada siswa kelas VIII SMP. Saran dari penelitian ini yaitu pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan model SQ3R dengan P2R pada siswa kelas VIII SMP terbukti efektif. Terutama pada model SQ3R yang terbukti lebih efektif. Adapun saran dari peneliti yaitu peneliti lain dapat mempergunakan hasil penelitian ini untuk referensi dan dapat dikaji lebih lanjut guna mengetahui kebaruan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran mengidentifikasi informasi, teks eksplanasi, model SQ3R, model P2R
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 May 2024 03:16
Last Modified: 07 May 2024 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62667

Actions (login required)

View Item View Item