KELAYAKAN ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA SMP KELAS VII KEMENDIKBUD RISTEK 2021


Irham Husna Adianto, 2101418082 (2023) KELAYAKAN ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA SMP KELAS VII KEMENDIKBUD RISTEK 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101418082_Irham Husna Adianto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks berfungsi sebagai pegangan pokok dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, buku teks yang digunakan harus benar-benar diperhatikan kualitas kelayakannya. Apabila buku teks telah memenuhi semua syarat pada penilaian isi, bahasa dan penyajian sebuah buku teks, maka dapat dikatakan buku teks tersebut layak digunakan untuk mendukung sebuah pembelajaran. Peneliti memilih buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 sebagai buku yang akan dianalisis karena buku tersebut baru digunakan oleh sekolah sebagai pegangan siswa pada saat ini. Saat ini sekolah menggunakan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 sebagai buku pelajaran sehingga membuat peneliti menjadikan buku ini sebagai bahan atau objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kelayakan isi buku bahasa Indonesia SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 yang digunakan saat ini, (2) mendeskripsikan kelayakan bahasa buku bahasa Indonesia SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 yang digunakan saat ini, dan (3) mendeskripsikan kelayakan penyajian buku bahasa Indonesia SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 yang digunakan saat ini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan metode teoretis analisis isi. Sumber data penelitian ini, yakni buku teks bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni observasi, dokumentasi, dan simak-catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan isi, bahasa, dan penyajian buku teks bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 ini layak. Hal tersebut ditunjukkan dengan pemerolehan skornya, yakni kelayakan isi skornya 3,79, kelayakan bahasa skornya 3,05, dan kelayakan penyajian skornya 3,83. Berdasarkan skor tersebut, buku teks bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII Kemendikbud Ristek 2021 ini tergolong dalam kategori layak dalam aspek isi, bahasa, dan penyajian. Saran yang direkomendasikan adalah pendidik dapat menganalisis kelayakan sebuah buku teks yang akan digunakan, dapat memilih buku teks yang baik sebagai sumber belajar dan juga dapat menambah buku lain sebagai pendamping. Penelitian tentang analisis kelayakan buku teks perlu dilanjutkan dengan kajian buku yang berbeda. Meskipun sudah banyak penelitian tentang buku teks, namun kelayakan buku teks yang satu dengan yang lain tidak dapat disamaratakan karena masing-masing buku teks memiliki kelayakan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku teks, kelayakan isi, bahasa, penyajian.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 May 2024 03:00
Last Modified: 07 May 2024 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62664

Actions (login required)

View Item View Item