ANALISIS KELAYAKAN CERITA PENDEK DALAM KORAN SUARA MERDEKA EDISI 2019 – 2020 YANG BERMUATAN KEARIFAN LOKAL JAWA TENGAH SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR BIPA 6


Adzillina Maghfira Pradanti, 2101416046 (2023) ANALISIS KELAYAKAN CERITA PENDEK DALAM KORAN SUARA MERDEKA EDISI 2019 – 2020 YANG BERMUATAN KEARIFAN LOKAL JAWA TENGAH SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR BIPA 6. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416046_Adzillina Maghfira Pradanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang telah dikenal luas hingga kancah Internasional, hal ini dibuktikan oleh banyaknya peminat dari masyarakat asing untuk mempelajari bahasa ini. Tingginya minat menjadikan terbentuknya program pembelajaran Bahasa Indonesia yakni melalui program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). Program tersebut memudahkan masyarakat asing untuk mempelajari sekaligus mengenali budaya Indonesia sebagai bagian dari materi pembelajaran. Pengenalan budaya dalam program BIPA juga dapat dijadikan potensi untuk mengenalkan jati diri bangsa Indonesia dengan memanfaatkan cerita pendek yang mengandung unsur kearifan lokal Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kelayakan isi cerita pendek dalam koran Suara Merdeka edisi 2019-2020 yang bermuatan kearifan lokal dan relevansinya sebagai materi ajar BIPA 6. Kelayakan isi dikaji berdasarkan analisis psikologis, tata bahasa, dan budaya. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui teknik simak catat, sedangkan analisis data menggunakan teknik informal berupa analisis data berdasarkan kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita pendek dalam koran Suara Merdeka edisi 2019-2020 memuat unsur-unsur kearifan lokal Jawa Tengah berupa wawasan yang menjelaskan tentang alat musik, rumah adat, hingga budaya yang ada di Jawa Tengah. Selain itu, cerita pendek telah memenuhi kelayakan isi sesuai dengan standarisasi BIPA. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa cerpen dalam koran Suara Merdeka edisi 2019-2020 mampu dijadikan sebagai alternatif materi ajar BIPA 6. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai literatur pengembangan ilmu bahasa dalam kajian unsur intrinsik cerita pendek serta mampu bermanfaat bagi pengajar, pemelajar hingga lembaga yang menerapkan pengajaran BIPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BIPA, Cerita Pendek, Bahasa Indonesia, Kearifan Lokal, Budaya
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 May 2024 02:43
Last Modified: 07 May 2024 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62662

Actions (login required)

View Item View Item