Pengaruh Warna Pada Background Iklan Cetak Terhadap Memory Recall Isi Iklan (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan Tahun 2007)


Ria Uswatun Khasanah, 2009 (2009) Pengaruh Warna Pada Background Iklan Cetak Terhadap Memory Recall Isi Iklan (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan Tahun 2007). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Warna Pada Background Iklan Cetak Terhadap Memory Recall Isi Iklan (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan Tahun 2007)]
Preview
PDF (Pengaruh Warna Pada Background Iklan Cetak Terhadap Memory Recall Isi Iklan (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan Tahun 2007)) - Published Version
Download (26kB) | Preview

Abstract

Khasanah, Ria Uswatun. 2009. Pengaruh Warna Pada Background Iklan Cetak Terhadap Memory Recall Isi Iklan (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan Tahun 2007). Skripsi, Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Siti Nuzulia, S.Psi, M.Si dan Drs. Sugeng Hariyadi, M.S. Kata Kunci: Warna, Memory Recall, Iklan Cetak Warna dapat membantu daya ingat, sehingga sesuatu akan lebih mudah diingat bila ada warnanya. Fenomena ini terjadi pada mahasiswa Psikologi angkatan tahun 2007. Begitu pula pada sebuah iklan. Iklan akan lebih menarik perhatian jika tampil penuh warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna pada background iklan cetak terhadap memory recall isi iklan. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental murni dengan. Desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Psikologi Angkatan Tahun 2007. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 30 subjek. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes memory recall dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program spss 12.00 for windows. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data inferensial yang ditujukan untuk mengambil kesimpulan dengan pengujian hipotesis. Analisis data yang digunakan yaitu analisis non parametris dengan menggunakan Analisis Varians Mann Whithey Test dengan hasil pretest-posttest kelompok eksperimen 1 sebesar 0,119; kelompok eksperimen 2 sebesar 0,341; dan kelompok kontrol sebesar 0,240. Dari hasil tersebut hipotesis yang berbunyi warna pada background iklan cetak berpengaruh terhadap memory recall isi iklan dinyatakan ditolak karena lebih dari taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan penelitian maka disimpulkan bahwa warna pada background iklan cetak tidak berpengaruh terhadap memory recall isi iklan.Tidak adanya pengaruh warna background terhadap Memori Recall pada iklan disebabkan oleh konsep iklan yang didominasi tulisan dan petunjuk yang disampaikan menyebabkan responden tahu maksud pemberian iklan sehingga menghafalkan isinya, lay out iklan minimalis. Pemakaian warna pada iklan media cetak harus disesuaikan dengan jenis produk yang ditawarkan sehingga menghasilkan stimulan positif kepada responden, karena iklan pada media cetak tidak hanya dipengaruhi oleh warna saja. Saran yang peneliti sampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah untuk peneliti selanjutnya yang mengukur memory recall sebaiknya memperhatikan durasi pemberian perlakuan satu dengan yang lainnya sehingga responden tidak menghafal isi instrumen karena akan mengaburkan kesesuaian antara arah dan proses penelitian dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Perlu diperhatikan juga pemilihan subjek penelitiannya, jangan memilih subjek yang sudah mengerti arah penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Warna, Memory Recall, Iklan Cetak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2011 02:07
Last Modified: 26 Oct 2011 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6266

Actions (login required)

View Item View Item