PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBASIS MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 SEMARANG
Umi Dary Mu’aafat, 3601419079 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBASIS MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif merupakan sebuah rencana yang digunakan oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang dilakukan dengan membentuk kelompok kecil untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu agar mencapai tujuan bersama. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 36 Semarang khususnya pada kelas VIII adalah rendahnya hasil belajar siswa, hal itu disebabkan oleh beberapa hal seperti motivasi belajar siswa rendah karena persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPS yang cenderung hafalan dan sulit dimengerti, antusias belajar siswa rendah karena terdampak adanya pandemi covid-19 yang lama menerapkan pembelajaran daring, model pembelajaran yang digunakan kurang variatif karena guru masih dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa, proses pembelajaran tidak disisipkan media pembelajaran yang interaktif. Adanya pelaksanaan model pembelajaran picture and picture berbasis media video animasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi dan meningkatkan antusias belajar siswa sehingga nantinya dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran picture and picture berbasis media video animasi terhadap hasil belajar IPS kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 36 Semarang. Sampel yang dipilih sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah total 64 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling yaitu memilih kelas yang memiliki nilai rata-rata yang tidak terpaut jauh antara kedua kelas, sehingga dianggap memiliki karakteristik yang sama (homogen). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dibagikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal itu ditunjukkan dari data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai mean sebesar 87,50. Sedangkan hasil belajar di kelas kontrol dengan nilai mean sebesar 79,22. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung 4,022 > t tabel 1,998 sehingga
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Picture and Picture, Media Video Animasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:33 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62649 |
Actions (login required)
View Item |