PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA SMA DI KOTA TEGAL


Salsa Sulistio Ningsih, 3201419058 (2023) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA SMA DI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran geografi merupakan pembelajaran yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia karena hampir keseluruhan materi memuat hal mengenai alam dan bumi. Geografi merupakan mata pelajaran yang komprehensif dan sulit untuk dapat dipahami oleh siswa sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran geografi. Oleh karena itu perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar geografi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran seperti video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui desain pembelajaran dengan menggunakan media video untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa kelas X di SMA N 3 Tegal. 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menggunakan media video pembelajaran. 3) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah pembelajaran geografi menggunakan media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling pada siswa kelas X di SMA N 3 Tegal dengan jumlah populasi 324 siswa dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa 1) desain pembelajaran geografi dengan menggunakan media video pembelajaran terbagi menjadi 2, yaitu tahap perencanaan dan tahap pembuatan, 2) pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menggunakan media video pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dan terdiri dari 3 tahap yaitu pembukaan, isi, dan penutup, serta dengan menggunakan media video pembelajaran, 3) minat belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 19,42% dari yang semula 53,16% meningkat menjadi 72,58% yang termasuk ke dalam kategori sedang. Saran bagi guru geografi untuk dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan minat belajar siswa seperti lebih mengembangkan bahan ajar, media, model dan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Dan diharapkan guru lebih fokus dalam menjelaskan materi dan tidak terlalu melenceng dari pokok bahasan. Sebagai alternatif apabila suasana kelas tidak kondusif sebaiknya guru dapat memberikan permainan atau icebreaking supaya siswa dapat kembali fokus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Video Pembelajaran, Minat Belajar.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 May 2024 02:21
Last Modified: 24 Jun 2024 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62644

Actions (login required)

View Item View Item