EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BOYOLALI


Karina Isti Juita Purnamasari, 3201419054 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang kurang efektif dalam mata pelajaran geografi, menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS menurun. Metode pembelajaran yang digunakan menggunakan metode ceramah dan kelompok sederhana yang mengakibatkan siswa menjadi pasif, di kelas XI IPS 3 kemampuan berpikir kritisnya mengalami penurunan sebesar 35%. Tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui pelaksanaan metode Jigsaw di dalam pembelajaran Mitigasi Bencana, kedua untuk menganalisis hasil belajar dari penggunaan Jigsaw di kelas XI IPS 3 dalam materi Mitigasi Bencana, dan ketiga untuk mengukur tingkat keevektifan metode Jigsaw dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design, dan mengambil bentuk One-Group Pretest - Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 3, teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan Kolmogorov Smirnof untuk validitas data dan teknik belah tengah dari Sperman Brown untuk reliabilitas data, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Paired Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan metode Jigsaw di dalam kelas guru mampu menguasai metode pembelajaran, siswa mampu memahami instruksi dengan baik, dan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dari kategori cukup menjadi sangat baik. hasil pretest dan posttest sebesar 64,1% dan 85,4% hasil belajar siswa kenaikan sebesar 14%, hasil perhitungan dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test menunjukkan hasil signifikansi 0,00 < 0,05 dan thitung < -ttabel yaitu -7,906 < -1,690 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga Metode Jigsaw efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Jigsaw dapat di laksanakan di kelasa XI IPS 3 dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu metode Jigsaw efektive dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 dari yang semula masuk dalam kategori cukup menjadi kategori sangat baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini menyangkut dengan hasil belajar dan kemampuan berpiki kritis siswa yang tidak semua mengalami kenaikan. Beberapa saran yang diberikan yaitu dengan guru dapat memahami tipe belajar siswa, serta dapat memadukan metode Jigsaw dengan media pembelajaran maupun variasi LKPD untuk meningkatkan kreativitas siswa. Selain itu metode Jigsaw juga dapat menjadi rekomendasi bagi guru-guru SMA N 3 Boyolali untuk dapat digunakan di dalam kelas X, XI, dan XII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Jigsaw, Berpikir kritis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 May 2024 02:12
Last Modified: 06 May 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62643

Actions (login required)

View Item View Item