EFEKTIVITAS EKOWISATA KONSERVASI PENYU NAGARAJA CILACAP DALAM ASPEK EDUKASI KONSERVASI PENYU DI MASYARAKAT KABUPATEN CILACAP


Damar Sianturrahman, 3201419051 (2023) EFEKTIVITAS EKOWISATA KONSERVASI PENYU NAGARAJA CILACAP DALAM ASPEK EDUKASI KONSERVASI PENYU DI MASYARAKAT KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten dengan potensi pendaratan penyu Lekang dan Penyu sisik di Indonesia. Pendaratan ini menjadi daya tarik sekaligus mengundang ancaman bagi penyu itu sendiri sebab masyarakat menganggap bahwa bagian dari penyu seperti telur merupakan sumberdaya yang dapat dimanfaatkan. Ancaman ini menjadi salah satu alasan dalam pengembangan ekowisata Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap untuk memberi edukasi kepada wisatawan maupun masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan pelaksanaaan ekowisata Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap dalam prinsip ekowisata dan (2) menganalisis efektivitas ekowisata Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap dalam aspek edukasi konservasi penyu di masyarakat Kabupaten Cilacap. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain observasional deskriptif kuantitatif. Penelitian ini diadakan di Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Jawa Tengah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masyarakat Dusun Sodong, Desa Karangbenda, Kabupaten Cilacap sebanyak 88 orang sebab populasi menjadi subjek yang tinggal di sekitar kawasan konservasi dan bersinggungan langsung dengan kehidupan penyu. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dalam variabel pelaksanaan ekowisata dalam prinsip ekowisata ini menunjukan bahwa seluruh aspek dalam prinsip ekowisata sudah diterapkan dalam kegiatan ekowisata di Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap seperti bentuk sutainable tourism, memberi pelayanan dan pengalaman kepada wisatawan dan masyarakat, mendukung kualitas lingkungan, melibatkan masyarakat lokal, dan memberi pengetahuan dan pelestarian lingkungan. Hasil penelitian pada variabel efektivitas ekowisata dalam aspek edukasi konservasi penyu memiliki nilai rata�rata 77% dimana dalam nilai ini >=52% sehingga dikatakan efektif. Hasil penelitian dari variabel ini juga memiliki dua indikator yang berkategori cukup yaitu pemahaman mengenai jenis penyu dan pemahaman mengenai pelestarian penyu dalam regulasi. Nilai ini disebabkan oleh adanya faktor kecukuptahuan masyarakat mengenai jenis penyu yang sering mendarat dan kecukuptahuan masyarakat mengenai aturan yang bersifat formal (undang-undang). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Ekowisata Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap memiliki kekesuaian pembangunan dengan prinsip ekowisata dan (2) Ekowisata Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap efektif dalam aspek edukasi konservasi penyu yang dimana memberi pengetahuan dan membetuk sikap perilaku masyarakat sekitar dalam menjaga kelestarian penyu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekowisata, Konservasi Penyu, Aspek Edukasi dan Konservasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 May 2024 02:07
Last Modified: 06 May 2024 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62640

Actions (login required)

View Item View Item