PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN


Annisa Damayanti Utami, 7101418243 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 memberikan dampak pada pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka di kelas menjadi daring. Fenomena ini menjadi pengalaman yang baru bagi siswa karena harus menggunakan media pembelajaran daring untuk dapat terhubung antara siswa dengan guru. Penggunaan media pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif dalam memberikan pelayanan selama dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh. Menurut hasil survei yang dilakukan pada 42 siswa di SMK N 1 Klaten sebesar 83,3% siswa mengalami kesulitan saat belajar daring dan 35,7% siswa merasa kurang puas dengan media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran daring, kemandirian belajar siswa, dan dukungan sosial guru terhadap kepuasan belajar siswa kelas XI di SMK N 1 Klaten dan SMK N 2 Klaten tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK N 1 Klaten dan SMK N 2 Klaten dengan total 1.074 siswa dengan sampel sejumlah 292 responden menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan metode propotional random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan alat IBM SPSS Statistic Version 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran daring, kemandirian belajar, dan dukungan sosial guru terhadap kepuasan belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan memiliki pengaruh secara simultan sebesar 60,4%. Sedangkan secara parsial media pembelajaran daring berpengaruh terhadap kepuasan belajar siswa sebesar 16,22%, kemandirian belajar sebesar 2,70%, dan dukungan sosial guru memiliki pengaruh sebesar 14,32%. Saran bagi sekolah dapat melakukan evaluasi dari penggunaan media pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut seperti pelatihan workshop penguatan teknologi kepada guru secara berkala agar dapat menguasai media pembelajaran dengan baik. Bagi guru dapat mengemas materi yang interaktif dan menyenangkan dengan mengutamakan komunikasi dengan siswa beserta wali murid agar dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Bagi siswa dapat mengevaluasi dan meningkatkan regulasi diri untuk menumbuhkan lebih dalam kemandirian saat belajar. Peningkatan dukungan sosial kepada siswa berupa kepedulian kondisi, kendala yang dihadapi serta menyajikan kisah inspiratif kepada siswa di tengah proses belajar. Siswa dapat memberikan evaluasi kepada guru serta kendala yang dihadapi demi keberlangsungan proses pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar, Dukungan Sosial Guru, Kepuasan Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:35
Last Modified: 29 Apr 2024 08:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62632

Actions (login required)

View Item View Item