Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar


Fita Setyarini, 2009 (2009) Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar]
Preview
PDF (Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar) - Published Version
Download (45kB) | Preview

Abstract

Setyarini,Fita.2009. Nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar .skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs Widodo, Pembimbing II : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. Kata Kunci : Legenda, Siti Jenar, Murtad, Nilai-nilai pendidikan. Cerita Siti Jenar merupakan cerita rakyat warisan masa lalu yang di lestarikan terus-menerus hingga sekarang. Cerita Siti Jenar mengandung nilai norma social, pola kelakuan dan adapt yang merupakan wujud aspek kehidupan. Masalah yang diteliti dalam peneletian ini adalah (1) Bagaimanakah struktur cerita Siti Jenar . (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan dalam cerita Siti Jenar . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode srtuktural, yaitu dengan cara menganalisis bentuk, makna, fungsi dan nilai-nilai pendidikan dari cerita Siti Jenar secara ilmiah untuk mengetahui isi pesan suatu komunikasi yang terkandung di dalam cerita Siti Jenar dengan menggunakan pendekatan objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita Siti Jenar memilki cerita dan nilai-nilai pendidikan. Srtuktur cerita Siti Jenar meliputi tokoh, plot dan setting. Nilai-nilai pendidikan dalamcerita Siti Jenar terdiri dari (a) nilai pendidikan ketuhanan wujudnya mendidik berdo’a, (b) nilai pendidikan sosial wujudnya gotong royong kepada orang lain, (c) nilai pendidikan pendidikan moral wujudnya ahlak yang kurang baik. Saran yang dapat disampaikan adalah (1) sebaiknya para guru menyebarluaskan cerita Siti Jenar kepada masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Kudus melalui perpustakaan baik lingkup sekolah maupun instansi-instansi pemerintah. (2) sebaiknya cerita Siti Jenar juga di analisis dengan menggunakan teori Srtuktural lainnya. (3) sebaiknya mayarakat di kabupaten kudus tetap melestarikan cerita Siti Jenar karena ceritanya tersebut merupakan salah satu kekayaan budaya daerah khususnya di kabupaten kudus. (4) sebaiknya cerita Siti Jenar tetap di jaga kelestariannya agar tidak punah seiring berjalannya waktu dan kemordenisasian budaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Legenda, Siti Jenar, Murtad, Nilai-nilai pendidikan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2011 02:00
Last Modified: 26 Oct 2011 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item View Item