PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN PERSEPSI ATAS DUKUNGAN RELASI DALAM MEMPENGARUHI KESIAPAN BERWIRAUSAHA


Febrian Yudha Tama, 7101417082 (2023) PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN PERSEPSI ATAS DUKUNGAN RELASI DALAM MEMPENGARUHI KESIAPAN BERWIRAUSAHA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu solusi yang dapat digulirkan untuk meminimalisasi angka pengangguran di Indonesia adalah dengan meningkatkan jumlah wirausaha. Kewirausahaan dinilai mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang bermanfaat untuk menyerap tenaga kerja. Pemerintah bekerja sama dengan PT. Mitra Semeru Indonesia menyelenggarakan Studi Independen Bersertifikat E-Commerce (SIB E�Commerce) yang merupakan pendidikan kewirausahaan berbasis pengalaman untuk menyiapkan calon lulusan perguruan tinggi supaya lebih siap bekerja di bidang e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis peran pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan persepsi atas dukungan relasi dalam mempengaruhi kesiapan berwirausaha pada peserta SIB E-Commerce. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta SIB E-Commerce pada Batch 1, yakni sebanyak 200 peserta. Sampel diambil secara acak dan dihitung dengan metode akar kuadrat terbalik, adapun berdasarkan tingkat pengembalian kuesioner, didapatkan sejumlah 87 responden. Hipotesis dibangun dengan metode partial least square-structural equation modelling (PLS-SEM). Data diolah dengan analisis regresi moderasi menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan persepsi atas dukungan relasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha baik secara parsial maupun simultan. Persepsi atas dukungan relasi sebagai variabel moderator tidak mampu memperkuat pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha diduga karena terdapat faktor lain yang dapat memperkuat hubungan tersebut. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa kesiapan berwirausaha seseorang dipengaruhi oleh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan persepsi atas dukungan relasi. Calon lulusan perguruan tinggi disarankan untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kewirausahaan melalui partisipasi aktif dalam pendidikan kewirausahaan berbasis pengalaman, meningkatkan motivasi berwirausaha dengan menetapkan tujuan-tujuan konkrit yang bermanfaat bagi mental dalam berwirausaha, serta meningkatkan persepsi atas dukungan relasi dalam berwirausaha dengan memaksimalkan kemampuan bersosialisasi untuk menjalin jejaring sosial internal dan eksternal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan berwirausaha, pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, persepsi atas dukungan relasi.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:27
Last Modified: 29 Apr 2024 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62626

Actions (login required)

View Item View Item