KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN BINTORO 2 DEMAK


Dyah Ayu Nurmawanti, 1401419291 (2024) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN BINTORO 2 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401419291_Dyah Ayu Nurmawanti - Dyah Ayu Nurmawanti.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of 1401419291_Dyah Ayu Nurmawanti - Dyah Ayu Nurmawanti.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di SDN Bintoro 2 Demak, yaitu hasil belajar muatan pembelajaran Matematika yang masih rendah, motivasi belajar kurang serta penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga mengakibatkan kurang optimalnya hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media tangram dapat meningkatkan keaktifkan dan motivasi siswa serta menggairahkan semangat belajar karena mengandung unsur permainan, peran tutor sebaya dan penghargaan, dibantu dengan media tangram agar konsep-konsep abstrak mudah dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media tangram untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas III SD N Bintoro 2 Demak. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk non quivalent control group design. Jumlah anggota populasi sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data hasil penelitian dikumpulkan untuk di uji normalitas, uji homogenitas, uji T-Test, dan uji N-Gain melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Matematika yang menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media tangram dengan model Direct Instruction (DI), hasil uji dengan Independent Sample T Test diperoleh nilai thitung>ttabel (3,391>2,022) dan nilai signifikansinya sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05. (2) Model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media tangram lebih efektif meningkatkan hasil belajar Matematika, hasil uji One Sample T Test diperoleh thitung>ttabel (5,545>2,093) nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Selain itu, dilihat dari rata-rata uji N-Gain, kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol (0,63>0,44), peningkatan termasuk dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media tangram lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas III SDN Bintoro 2 Demak. Saran bagi guru diharapkan model dan media pada penelitian ini mampu dijadikan alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@mail.unnes.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:27
Last Modified: 29 Apr 2024 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62625

Actions (login required)

View Item View Item