HUBUNGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI PEMETAAN KELAS X IPS MA AL ASROR KOTA SEMARANG
Diyah Nikmatul Maula, 3201419043 (2023) HUBUNGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI PEMETAAN KELAS X IPS MA AL ASROR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kecerdasan spasial merupakan keterampilan kognitif yang mendasar dan merupakan faktor terpenting yang menentukan kompetensi spasial dengan memiliki kemampuan analisis yang tepat dalam proses pembelajaran geografi di kelas. Beberapa siswa kelas X IPS MA Al Asror dalam belajar geografi belum memahami konsep keruangan dalam geografi. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa siswa yang belum paham ketika ditanya mengenai materi pemetaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar geografi siswa, kemampuan kecerdasan spasial siswa dan hubungan hasil belajar dengan kecerdasan spasial yang dimiliki siswa kelas X IPS MA Al Asror. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MA Al Asror Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah. Populasi penelitian ini seluruh kelas X IPS MA Al Asror dan sampel penelitian ini siswa kelas X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3 dengan jumlah 76 siswa. Teknik sampling yang digunakan berupa totalsampling. Penelitian ini menggunakan variabel independen (X) yaitu hasil belajar siswa dan variabel dependen (Y) yaitu kecerdasan spasial. Indikator kecerdasan spasial menurut Association of American Geographer yang berupa aura, region, transisi, analogi, pola. Dan indikator dari Marunic & Glazar yaitu visualisasi spasial, orientasi spasial dan hubungan spasial. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen tes. Analisis penelitian ini menggunakan korelasi produk moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X IPS MA Al Asror memiliki nilai standar deviasi 6 sehingga masuk dalam kategori sedang. Pada kemampuan kecerdasan spasial memiliki nilai standar deviasi 4 sehingga dalam kategori sedang. Sedangkan dari hubungan hasil belajar dengan kecerdasan spasial siswa memiliki nilai Pearson Correlation adalah 0.379 sehingga berada dalam kategori korelasi yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya korelasi atau hubungan yang rendah pada hasil belajar siswa materi pemetaan dengan kecerdasan spasial siswa kelas X IPS MA Al Asror. Saran untuk peserta didik kelas X IPS MA Al Asror untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan kecerdasan spasial yang dimiliki karena dalam pembelajaran geografi kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam melihat dan menganalisis fenomena yang ada dan dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Kemudian untuk pendidik agar dapat lebih memahami karakter setiap siswa dan dapat memberi motivasi agar siswa terdorong untuk belajar dan memperoleh hasil yang lebih baik. Selain itu pendidik juga dapat memvariasi pembelajaran geografi agar siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kecerdasan Spasial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 04:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 04:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62623 |
Actions (login required)
View Item |