EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PHYSIC EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI TEKTONIK LEMPENG


Nona Chalista Aurora Nurcahyo, 3201419023 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PHYSIC EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI TEKTONIK LEMPENG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] HTML (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran geografi materi tektonik lempeng di lapangan perlu adanya media pembelajaran lain, yaitu simulasi Physic Education Technology (PhET). Sehingga, siswa lebih paham terkait pergerakan-pergerakan tektonik lempeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran geografi materi tektonik lempeng menggunakan aplikasi Physic Education Technology (PhET) simulation dan mengetahui efektivitas penggunaan Physic Education Technology (PhET) simulation terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi tektonik lempeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x semester 2 SMA N 3 Klaten tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 350 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas XH yang berjumlah 35 siswa, ditentukan dengan cara random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik keabsahan data pada penelitian ini, uji validitas reliabilitas instrumen tes dan uji validitas reliabilitas angket respon siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran geografi materi tektonik lempeng menggunakan Physic Education Technology (PhET) simulation terlaksana dengan baik berdasarkan hasil analisis mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,56. Penggunaan Physic Education Technology (PhET) simulation dalam pembelajaran geografi materi tektonik lempeng efektif dilihat dari indikator efektivitas yaitu nilai pretest postest menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain dalam persen(%) sebesar 57,82% termasuk dalam kategori cukup efektiv, ketuntasan klasikal siswa dengan KKM 75 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan PhET mendapatkan hasil 75% dalam tabel kriteria ketuntasan klasikal termasuk ke dalam kategori tinggi, dan respon siswa sebesar 82,187%. Kemampuan kognitif siswa meningkat per level kognitif dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest posttest, level kognitif C1 pretest 42,5 posttest 52, C2 nilai rata-rata pretest 35,25 posttest 45,25, C3 nilai rata-rata pretest 31,75 posttest 43,3 dan level kognitif C4 nilai rata-rata pretest 29,75 posttest 37,25. Kesimpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan PhET berjalan dengan lancar, dilihat dari lembar observasi pembelajaran dan penggunaan PhET efektiv pada pembelajaran geografi materi tektonik lempeng dari tiga indikator yaitu efektiv nilai pretest posttest, Ketuntasan klasikal siswa dan respon siswa baik saat pembelajaran menggunakan Physic Education Technology (PhET). Serta penggunaan Physic Education Technology (PhET) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Saran, guru dapat menjadikan PhET sebagai alternatif pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Physic Education Technology (PhET), Kemampuan Kognitif Siswa, Tektonik Lempeng
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:59
Last Modified: 26 Apr 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62621

Actions (login required)

View Item View Item