EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 22 SEMARANG


Anggis Gusliyanti, 3601419013 (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan seperti saat ini telah berkembang menjadi budaya baru yang terintegritas kedalam perkembangan kehidupan dan secara sadar mempeprsiapkan peserta didik untuk tuntutan masa depan. Masalah yang muncul dalam dunia pendidikan adalah lemahnya pembelajaran. pada proses pembelajaran siswa hanya dibimbing untuk sekedar mengingat pengetahuan atau informasi yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPS di SMPN 22 Semarang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran atau materi yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran dikelas. Penggunaan metode yang tidak sesuai dapat berpengaruh pada hasil belajar yang didapat. Situasi pembelajaran yang awalnya masih menggunakan metode ceramah dengan pembelajaran satu arah. Hal tesebut yang mengakibatkan hasil belajar IPS siswa terutama ranah kognitif menjadi rendah. Penerapan Metode Numbered Head Together melalui pembelajaran interaksi dua arah yaitu adanya timbal balik antara guru dan siswa, serta suasana belajar yang menyenangkan dan menarik serta mampu memperbaiki hasil belajar siswa yang didapat. Tujuan dari penelitian ini untuj mengetahui Efektivitas Metode Pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eskperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII di SMPN 22 Semarang kemudian dipilih dua kelas sampel yaitu kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan VIII.D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 64 siswa. teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Hasil peneltian ini meunujukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal teserbut dilihat dari perolehan uji efektivitas melalui uji N-Gain score yang menunjukan rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol (62.3036>18.7512) yang membuktikan bahwa penerapan metode Numbered Head Together terbukti mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Numbered Head Together,Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:42
Last Modified: 26 Apr 2024 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62620

Actions (login required)

View Item View Item