KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PELESTARIAN KAWASAN DANAU RAWA PENING SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA DI DESA KEBONDOWO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG


Novi Wahyu Widyaningrum, 3201417079 (2023) KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PELESTARIAN KAWASAN DANAU RAWA PENING SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA DI DESA KEBONDOWO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya alam yang ada pada Danau Rawa Pening memberikan dampak kepada masyarakat dan lingkungan. Masyarakat Desa Kebondowo mendapatkan dampak positif da keuntungan dari pemanfaatan sumber daya di Danau Rawa Pening. Pemanfaatan sumber daya alam yang tidak diimbangi dengan kepedulian lingkungan menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan di Danau Rawa Pening. Kepedulian lingkungan tidak hanya berupa sikap dan pengetahuan tetapi juga tindakan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepedulian lingkungan masyarakat terhadap pelestarian Danau Rawa Pening sebagai destinasi pariwisata dan kegiatan konservasi danau yang dilakukan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kebondowo yang berpengaruh langsung terhadap Danau Rawa Pening sebagai kawasan pariwisata dengan sampel penelitian 88 responden. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dan teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat Desa Kebondowo memiliki tingkat kepedulian lingkungan sebesar 78% yang tergolong sangat tinggi. Dengan masing-masing indikator yaitu pengelolaan air sebesar 78%, pengelolaan sampah 74% dan peduli lingkungan sekitar 77%. Untuk menjaga kelestarian Danau Rawa Pening pemerintah bersama masyarakat juga melaksanakan kegiatan konservasi danau diantaranya membentuk kelompok sadar wisata (POKDARWIS), kelompok nelayan, melaksanakan kegiatan resik rowo dan sosialisasi atau penyuluhan. Saran, masyarakat secara aktif mengikuti dan terlibat dalam program konservasi yang dilaksanakan bersama pemerintah dan menaati peraturan yang diberikan guna menjaga kelestarian Danau Rawa Pening.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kepedulian Lingkungan, Kelestarian Danau, Konservasi Danau
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:23
Last Modified: 26 Apr 2024 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62610

Actions (login required)

View Item View Item