PELESTARIAN KERAJINAN GERABAH KASONGAN PADA PENGRAJIN GENERASI TUA DI DESA BANGUNJIWO KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA


Reesa Adib Tria Agustien, 3401419073 (2023) PELESTARIAN KERAJINAN GERABAH KASONGAN PADA PENGRAJIN GENERASI TUA DI DESA BANGUNJIWO KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] HTML (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kerajinan gerabah telah tersebar di berbagai daerah-daerah Indonesia yang di produksi dengan berbagai teknik dan gaya, namun gerabah mengalami perubahan fungsi menjadi elemen estetik di tengah tantangan kekurangan bahan baku, tenaga kerja dan keahlian pengrajin dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup dan harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mendeskripsikan makna gerabah Kasongan menurut pengrajin generasi tua. 2.) Mendeskripsikan alasan pengrajin generasi tua masih mengolah kerajinan gerabah Kasongan. 3.) Mendeskripsikan strategi pengrajin generasi tua dalam pelestarian kerajinan gerabah Kasongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Sentra Industri Gerabah Kasongan Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis hasil penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme. Konsep teori fungsionalisme menyatakan bahwa pelestarian kerajinan gerabah dapat dilakukan melalui tradisi dan interaksi sehingga manusia dapat mengatur ulang lingkungan. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa: 1.) pelestarian kerajinan gerabah Kasongan mayoritas dilakukan oleh pengrajin generasi tua karena generasi milenial tidak tertarik menjadi pengrajin gerabah. 2.) Pengrajin generasi tua memaknai gerabah Kasongan sebagai produk tradisi masa lalu yang kemudian berkembang menjadi benda hias. 3.) Alasan pengrajin masih mempertahankan gerabah Kasongan karena faktor keahlian, faktor mata pencaharian utama dan faktor potensi wilayah. 4.) Strategi pengrajin generasi tua dalam pelestarian kerajinan gerabah kepada generasi milenial berbasis pengalaman berbudaya dan pengetahuan berbudaya. Saran, bagi pengrajin generasi tua Kasongan diharapkan dapat menjaga, mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerajinan gerabah Kasongan sedangkan untuk generasi milenial Kasongan diharapkan mampu memberikan sumbagsih jiwa dan pikiran guna menghasilkan karya yang memiliki fungsi seni, fungsi estetik dan fungsi ekonomis sesuai kebutuhan praktis manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kerajinan Gerabah, Pelestarian, Pengrajin Generasi Tua
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Community Empowerment
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:36
Last Modified: 26 Apr 2024 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62601

Actions (login required)

View Item View Item