(ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN KECIL TANPA ALAT TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA PUTERI KELAS V SEKOLAH DASAR


Hersodo , 6101907115 (2009) (ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN KECIL TANPA ALAT TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA PUTERI KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN KECIL TANPA ALAT TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA PUTERI KELAS V SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN KECIL TANPA ALAT TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI PADA SISWA PUTERI KELAS V SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (44kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “ Apakah Pembelajaran Permainan Kecil Tanpa Alat Berpengaruh terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Siswa Puteri Kelas V Sekolah Dasar Klampok 02 Wanasari Tahun Ajaran 2008 / 2009 ?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pembelajaran Permainan Kecil Tanpa Alat dalam meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa Puteri Kelas V Sekolah Dasar Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan menggunakan metode eksperiman. Populasi yang digunakan adalah seluruh Siswa Putri Kelas V SD N Klampok 02 Wanasari Tahun Pelajaran 2008 / 2009 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambian sampel dengan Total random. Dengan Total random maka diperoleh 15 orang siswa sebagai sampel sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian sampel atau kita kenal dengan Treatments by Subjects desgns. Setelah diperoleh selanjutnya dilakukan Tes awal dengan menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. ( TKJI ) Sampel diberi perlakuan Permainan Kecil Tanpa Alat selama 14 kali dengan per minggu 3 kali latihan. Sesudah pembelajaran selesai dilakukan tes pengukuran kembali Tes Kesegaran Jasmani Indonesia ( TKJI ) yang sama dengan tes awal. Metode pengolahan data menggunakan Uji t Pair test. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu : 1) uji normalitas data dengan statistik non parametrik menggunakan Kolmogorov-Smirnov, 2) uji homogenitas menggunakan Chi-Square. Kesimpulan penelitian ini adalah : ”Terdapat Pengaruh Pembelajaran Permainan Kecil Tanpa Alat Terhadap Tingkat Kesegarn Jasmni Siswa Puteri Kelas V Sekolah Dasar secara signifikan. Saran penelitian ini karena berdasarkan penelitian bahwa Pembelajaran Permainan Kecil Tanpa Alat bisa meningkatkan kesegaran jasmani secara signifikan. Maka disarankan kepada para guru olahraga bahwa Permainan Kecil Tanpa Alat ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif pilihan bentuk pembelajaran untuk meningkatkan kesegaran jasmani siswa. Sebab telah terbukti dapat meningkatkan kesegaran jasmani pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH, PEMBELAJARAN, PERMAINAN KECIL, PERMAINAN KECIL TANPA ALAT, KESEGARAN JASMANI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 01:44
Last Modified: 26 Oct 2011 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6260

Actions (login required)

View Item View Item