KAJIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI BEDAH BLUMBANGAN DI DUSUN GINTUNGAN, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG


Anastasia Dwi Gandarini, 3401418044 (2023) KAJIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI BEDAH BLUMBANGAN DI DUSUN GINTUNGAN, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tradisi Bedah Blumbangan merupakan tradisi rutin yang dilakukan pada salah satu sumber mata air yang mengairi Dusun Gintungan, dikenal sebagai Sendang Sakapanca. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan dari tradisi Bedah Blumbangan yang ada di Dusun Gintungan; 2) mengkaji partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan tradisi Bedah Blumbangan di Dusun Gintungan; 3) mengidentifikasi nilai-nilai karakter dalam tradisi Bedah Blumbangan di Dusun Gintungan. Penelitian ini dilakukan di Dusun Gintungan, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sejak 24 Agustus sampai 24 November 2022. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang. Pelaksanaan teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan 1) proses pelaksanaan tradisi Bedah Blumbangan yang termasuk dalam serangkaian merti dusun sebagai bentuk keselarasan terhadap alam; 2) bentuk partisipasi masyarakat Dusun Gintungan dalam mengikuti pelaksanaan tradisi Bedah Blumbangan; 3) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam proses pelaksanaan tradisi Bedah Blumbangan; 4) nilai�nilai tradisi sebagai sumber pembelajaran pendidikan karaker disekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai- nilai karakter dalam tradisi masyarakat dapat menjadi salah satu usaha yang efektif menjaga keselarasan erat antara alam dan manusia yang saling melengkapi satu sama lain. Partisipasi masyarakat di dusun Gintungan cukup aktif dalam memeriahkan dan mempersiapkan pelaksanaan tradisi Bedah Blumbangan. Nilai�nilai karakter yang terkandung dalam tradisi tersebut ada 6 yaitu, nilai peduli lingkungan, kerja keras, toleransi, kreatif, religius, serta peduli sosial. Saran yang dapat diberikan yaitu, masyarakat dapat mencintai dan melestarikan tradisi yang sudah turun temurun dari nenek moyang, karena Bedah Blumbangan memberikan banyak nilai-nilai karakter untuk masyarakat. Perlunya sosialisasi pengenalan tradisi terhadap generasi muda agar dapat terus berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan tradisi Bedah Blumbangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Tradisi Bedah Blumbangan, Masyarakat Dusun
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:12
Last Modified: 26 Apr 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62595

Actions (login required)

View Item View Item