PENGARUH SCHOOL ENGAGEMENT DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI


Elmi Putri Pertiwi, 3401416066 (2023) PENGARUH SCHOOL ENGAGEMENT DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi akademik merupakan hal yang tidak bisa disepelekan baik oleh individu yang bersangkutan maupun orang sekitar. Transisi masa sekolah ke Pendidikan Tinggi sering menimbulkan fenomena resiliensi bagi mahasiswa baru. Susah beradaptasi, sulit memahami materi karena muatan materi yang berbeda pada saat di Sekolah, bertemu dengan orang baru, lingkungan baru, jauh dari orang tua bisa menyebabkan mahasiswa tidak mampu bertahan menjalankan kehidupan baru di Universitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan school engagement dan keterlibatan teman sebaya terhadap resiliensi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitain ini adalah penelitain kuantitatif dengan desain penelitian pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Angkatan 2022 yang berjumlah 149 orang. Jumlah sampel ditetapkan dengan rumus Slovin dan menghasilkan sebanyak 109 orang, yang diambil dengan menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan bantuan kuesioner dalam bentuk goo gle form dalam pengambilan data penelitian. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa kondisi resiliensi akademik mahasiswa pada kategori tinggi, school engagement dalam kategori tinggi, dan keterlibatan teman sebaya juga dalam kategori mendukung. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan variabel school engagement dan teman sebaya berpengaruh sebesar 46,9% terhadap resiliensi akademik. Sedangkan secara parsial, baik variabel school engagement maupun variabel teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap resiliensi akademik. Semakin tinggi school engagement dan dukungan teman sebaya, maka mahasiswa akan semakin resilien. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah baik secara simultan maupun parsial variabel school engagement dan teman sebaya berpengaruh terhadap resiliensi akademik. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat memilih teman yang baik, yang bisa memberikan dukungan positif di setiap aktivitas. Selain itu bagi Universitas, Fakultas, maupun Jurusan dapat senantiasa memberikan informasi yang mudah diakses bagi seluruh mahasiswa untuk dapat mengurangi kecemasan dan kesenjangan informasi pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: School Engagement, Teman Sebaya, Resiliensi Akademik.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:24
Last Modified: 26 Apr 2024 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62583

Actions (login required)

View Item View Item