PENGEMBANGAN APLIKASI PENENTUAN PRIORITAS PELAYANAN PENGADUAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE BRYANT BERBASIS WEB


Rahma Cahyani Putri, 5302418016 (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PENENTUAN PRIORITAS PELAYANAN PENGADUAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE BRYANT BERBASIS WEB. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Unit Layanan Terpadu Universitas Negeri Semarang (ULT UNNES) merupakan sebuah wadah bagi setiap masyarakat (Mahasiswa, Tenaga Pendidik, dan Dosen) di UNNES untuk mengatasi kendala yang dialami. Pelayanan yang disediakan oleh ULT UNNES salah satunya adalah penanganan pengaduan. Penanganan pengaduan ULT UNNES belum berdasarkan skala prioritas. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap penentuan prioritas penanganan pengaduan mahasiswa dan menghasilkan aplikasi penentuan prioritas penanganan pengaduan mahasiswa UNNES berbasis web. Metode Bryant digunakan untuk penentuan priorias penanganan pengaduan mahasiswa. Metode Bryant merupakan cara pemilihan prioritas dengan memberikan (skor) untuk parameter yang ditetapkan. Parameter tersebut terdiri dari: Community Concern (sejauh mana masyarakat menganggap masalah tersebut), Prevalensi (banyaknya penduduk yang terkena masalah), Seriousness (sejauh mana dampak yang ditimbulkan dari masalah), dan Manageability (ketersediaan sumber daya dalam mengatasi masalah). Data yang digunakan meliputi data pengaduan bidang akademik dari bulan Januari sampai dengan September 2022 yang berjumlah 3842 data aduan mahasiswa. Aplikasi penentuan prioritas penanganan pengaduan mahasiswa menggunakan metode Bryant berbasis web telah berhasil dikembangkan. Kinerja sistem telah menunjukkan respon yang cepat dan waktu pemrosesan yang memadai dalam situasi pengujian. Pengujian pertama dengan kasus 100 user memperoleh hasil response time 0,1 detik dan rata-rata sample time sebesar 703 ms. Pengujian kedua dengan kasus 1000 user memperoleh hasil response time 0,001 detik dan rata-rata sample time sebesar 2253 ms. Beban penggunaan yang tinggi menghasilkan peningkatan waktu respons beberapa detik, namun masih dalam batas toleransi yang dapat diterima. Hasil analisis penentuan prioritas penanganan pengaduan menggunakan metode Bryant didapatkan jenis layanan input KRS dan perkuliahan mendapatkan prioritas pertama dengan skor 320, sedangkan jenis layananan hasil scan ijazah dan transkrip mendapatkan prioritas terakhir dengan total skor 24. Kata Kunci : prioritas, metode bryant, pengaduan mahasiswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : prioritas, metode bryant, pengaduan mahasiswa
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:52
Last Modified: 22 Apr 2024 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62569

Actions (login required)

View Item View Item