GAME EDUKASI PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID


Muhammad Arif, 5302416016 (2023) GAME EDUKASI PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelanggaran lalu lintas di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Jenis pelanggaran yang kerap terjadi yaitu tidak mentaati rambu lalu lintas. Salah satu faktor terjadinya pelanggaran lalu lintas disebabkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat mengenai rambu lalu lintas. Pembelajaran mengenai rambu lalu lintas sebaiknya diajarkan sedini mungkin dan dilakukan secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi game edukasi pengenalan rambu lalu lintas untuk anak-anak menggunakan teknologi Augmented Reality dengan konsep permainan jigsaw puzzle. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode rekayasa yang melibatkan beberapa tahap, yaitu Perencanaan, Perancangan, Pembangunan, dan Penerapan. Pada pengujian aplikasi, dilakukan dengan pengujian alpha pada aspek functional suitability (uji black box), aspek portablity (uji aplikasi ke beberapa Android yang berbeda) dan pengujian beta pada aspek usability (uji ahli materi, ahli media dan uji pengamat pengguna aplikasi). Penelitian ini berhasil membangun aplikasi game edukasi pengenalan rambu lalu lintas. Hasil pengujian alpha pada aspek functional suitability dan portablity mendapatkan persentase 100%. Hasil pengujian beta pada aspek usability yaitu uji ahli materi mendapatkan persentase 87.5%, uji ahli media mendapatkan presentase 88% dan uji pengamat pengguna mendapatkan persentase 80%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat dinyatakan layak untuk digunakan. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya yaitu menambahkan materi mengenai jenis rambu lalu lintas lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Rambu Lalu Lintas, Augmented Reality, Jigsaw Puzzle
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:11
Last Modified: 22 Apr 2024 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62563

Actions (login required)

View Item View Item