Pengaruh Tingkat Pengetahuan K3 dan Motivasi Kerja Terhadap Kesadaran Berperilaku K3 Mahasiswa di Laboratorium (Studi Kasus di Laboratorium Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang


ika nurjanah, 5301419022 (2023) Pengaruh Tingkat Pengetahuan K3 dan Motivasi Kerja Terhadap Kesadaran Berperilaku K3 Mahasiswa di Laboratorium (Studi Kasus di Laboratorium Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja adalah upaya untuk melindungi dan menjamin kesehatan dan keselamatan tenaga kerja melalui tindakan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Pada era globalisasi ini, penerapan K3 diimplementasikan dalam perguruan tinggi yaitu pada pembelajaran praktik di laboratorium. Namun, banyak kasus kecelakaan yang terjadi di laboratorium akibat kelalaian dan sikap abai mahasiswa terhadap K3. Untuk itu, diperlukan kesadaran mahasiswa berperilaku keselamatan agar mengurangi terjadinya kecelakaan kerja. Adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesadaran berperilaku keselamatan adalah pengetahuan terhadap pentingnya K3 dan motivasi keselamatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan K3 dan motivasi kerja terhadap kesadaran berperilaku K3 mahasiswa di laboratorium (Studi Kasus di laboratorium Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2021 yang berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan K3 yang dimiliki mahasiswa PTE 2021 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadarn berperilaku K3 dengan nilai sebesar 57,3 %. Motivasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesadaran berperilaku K3 sebesar 59,2 %. Pengetahuan K3 dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kesadaran berperilaku K3 di laboratorium pada mahasiswa PTE 2021 sebesar 64,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan K3, motivasi kerja, kesadaran berperilaku
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:01
Last Modified: 22 Apr 2024 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62561

Actions (login required)

View Item View Item