PENGARUH SERTIFIKAT KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA TEKNIK PADA PEMELIHARAAN TIANG LISTRIK JARINGAN DISTRIBUSI SUTM DI PT PLN (PERSERO) ULP WELERI


Devina Nor Azizah, 5301419020 (2023) PENGARUH SERTIFIKAT KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA TEKNIK PADA PEMELIHARAAN TIANG LISTRIK JARINGAN DISTRIBUSI SUTM DI PT PLN (PERSERO) ULP WELERI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemeliharaan tiang listrik SUTM sangat penting untuk menjaga stabilitas sistem kelistrikan. Salah satu faktor penting dalam pemeliharaan tersebut adalah kepemilikan sertifikat kompetensi tenaga teknik yang terlibat. Tenaga teknik yang tersertifikasi menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan berkomunikasi yang teruji, sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka dalam melakukan pemeliharaan. Untuk itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sertifikat kompetensi terhadap kinerja tenaga teknik dalam pemeliharaan tiang listrik SUTM serta mendapatkan gambaran sertifikat kompetensi dan kinerja di PT. PLN (Persero) ULP Weleri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional. Responden penelitian berjumlah 35 tenaga teknik yang memiliki sertifikat kompetensi dalam pemeliharaan tiang listrik SUTM di PT. PLN (Persero) ULP Weleri. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan kuesioner. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis berupa analisis regresi sederhana dan analisis korelasi Spearman. Pengujian hipotesis berupa Hipotesis nol (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemilikan sertifikat kompetensi tenaga teknik terhadap kinerja pemeliharaan tiang listrik SUTM di PT. PLN (Persero) ULP Weleri dan Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemilikan sertifikat kompetensi tenaga teknik terhadap kinerja pemeliharaan tiang listrik SUTM di PT. PLN (Persero) ULP Weleri. Dengan teknik analisis data didapat bahwa Tingkat kompetensi terkait kepemilikan sertifikat kompetensi dalam bidang pemeliharaan tiang listrik SUTM tenaga teknik di PT. PLN ULP Weleri sebesar 88,57% (31 tenaga teknik) dalam kategori sangat baik dan sisanya sebesar 11,42% (4 tenaga teknik) dalam kategori baik. Capaian kinerja tenaga teknik di PT. PLN ULP Weleri sebesar 85,71% (30 tenaga teknik) dalam kategori yang sangat baik dan sisanya sebesar 14,28% (5 tenaga teknik) dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sertifikat Kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga teknik pada pemeliharaan tiang listrik jaringan distribusi SUTM di PT. PLN (Persero) ULP Weleri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Sertifikat Kompetensi, Kinerja Tenaga Teknik, Pemeliharaan Tiang Listrik SUTM
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:57
Last Modified: 22 Apr 2024 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62560

Actions (login required)

View Item View Item