PENGARUH KESIAPAN JOBSHEET DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK DASAR-DASAR TEKNIK KETENAGALISTRIKAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL DI SMK NEGERI 1 TONJONG BREBES


Nur Monika Sari, 5301418002 (2023) PENGARUH KESIAPAN JOBSHEET DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK DASAR-DASAR TEKNIK KETENAGALISTRIKAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL DI SMK NEGERI 1 TONJONG BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan praktikum idealnya mempunyai tiga langkah utama yang harus dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesiapan merupakan modal utama yang diperlukan untuk seseorang memulai suatu kegiatan atau pekerjaan. Kesiapan yang diperlukan dalam pelaksanaan praktikum yaitu kesiapan materil dalam hal ini merupakan bahan ajar berupa jobsheet dan kesiapan psikis berupa adanya hasrat untuk belajar yang dalam hal ini adalah motivasi siswa. Dari hasil observasi yang dilakukan di SMK N 1 Tonjong, masih terdapat beberapa kekurangan yang ada pada jobsheet yang digunakan sebagai panduan praktikum siswa di kelas X program keahlian TITL SMK N 1 Tonjong dan terlihat kondisi motivasi siswa yang dirasa masih belum merata. Kondisi ini bisa dilihat dari keadaan siswa yang belum memiliki kesiapan dalam mengikuti pembelajaran baik dari faktor fisik, psikis maupun materil. Hal ini turut mempengaruhi keberhsiln penguasaan kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan jobsheet dan motivasi siswa terhadap kompetensi praktik Dasar�dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X program keahlian TITL di SMK Negeri 1 Tonjong Brebes, baik secara persial maupun secara simultan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesiapan jobsheet dan motivasi siswa terhadap kompetensi praktik Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 107 siswa dan jumlah sampel sebanyak 86 reponden yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket (kuesioner) dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan variabel motivasi siswa mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kompetensi praktik Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan sebesar 12,2% dibandingkan kesiapan jobsheet sebesar 6,2%. Dan secara bersama-sama kesiapan jobsheet dan motivasi siswa mempunyai pengaruh sebesar 19,2% terhadap kompetensi praktik Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan siswa kelas X program keahlian TITL di SMK N 1 Tonjong Brebes. Sedangkan 80,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Jobsheet, Moivasi Siswa, Kompetensi Praktik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:41
Last Modified: 22 Apr 2024 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62559

Actions (login required)

View Item View Item