SIMULASI NUMERIK DOWNDRAFT GASIFIER TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DENGAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC


Dafa Oktaditya Pratama, 5211418036 (2023) SIMULASI NUMERIK DOWNDRAFT GASIFIER TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DENGAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Limbah tandan kosong kelapa sawit berjumlah cukup besar yaitu mencapai 23% dari setiap pengolahan satu ton kelapa sawit. Penelitian ini menggunakan limbah tandan kosong kelapa sawit sebagai biomassa proses gasifikasi downdraft gasifier. Tandan kosong kelapa sawit masih banyak digunakan sebagai pemanas boiler pada pembangkit listrik. Air flow rate sangat mempengaruhi hasil dari gasifikasi, oleh karena itu pada penelitian ini menggunakan variasi air flow rate yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh varias air flow rate terhadap hasil dari gasifikasi Metode yang digunakan pada saat ini adalah simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD). Metode simulasi menggunakan Discrete Phase Model (DPM) untuk mengetahui pengaruh variasi air flow rate sebesar 273 cm3 /s, 345 cm3 /s, dan 412 cm3 /s terhadap hasil gasifikasi menggunakan downdraft gasifier dan biomassa tandan kosong kelapa sawit. Hal ini dikarenakan air flow rate sangat berpengaruh pada hasil temperatur dan hasil dari gasifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah distribusi temperatur paling kecil dan tidak merata didapat pada hasil simulasi dengan variasi air flow rate sebesar 273 cm3 /s. sedangkan distribusi paling baik dan merata didapat pada simulasi dengan variasi air flow rate sebesar 412 cm3 /s. Oleh karena itu dapat kesimpulan bahwa semakin besar air flow rate maka semakin tinggi temperatur pada reaktor. Kemudian pada penelitian ini didapat syngas H2, CO, CO2 dan CH4 yang belum merata pada reaktor di semua variasi air flow rate, dan untuk perolehan syngas H2, CO, CO2 dan CH4 terbanyak didapat pada variasi air flow rate 412 cm3 /s.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gasifikasi, Downdraft Gasifier, Tandan Kosong Kelapa Sawit, Computational Fluid Dynamic, Air Flow Rate, Temperatur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:38
Last Modified: 22 Apr 2024 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62542

Actions (login required)

View Item View Item