PENGARUH TEMPERATUR PYROLYSIS TERHADAP PEROLEHAN DAN KARAKTERISTIK BIO-OIL DARI LIMBAH MEDICAL GLOVES MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MICROWAVE


Tangguh Pranoto Wibowo, 5211418007 (2023) PENGARUH TEMPERATUR PYROLYSIS TERHADAP PEROLEHAN DAN KARAKTERISTIK BIO-OIL DARI LIMBAH MEDICAL GLOVES MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MICROWAVE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia dihadapkan dengan kasus pandemi covid-19 yang terjadi pada tahun 2020. Menurut World Health Organization (WHO) pada tanggal 11 maret 2020 menyatakan bahwa pandemi covid-19 adalah wabah penyakit yang menyerang banyak orang secara serempak di beberapa negara dalam skala global. Terjadinya pandemi covid-19 mengakibatkan peningkatan limbah medis salah satunya sarung tangan medis (medical gloves). Hal ini dibuktikan dengan fakta pada 132 rumah sakit yang secara langsung merawat covid-19, terdapat 20 rumah sakit yang sudah memiliki incinerator surat izin. Penanganan limbah medis perlu dilakukan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan salah satunya dengan metode pirolisis microwave. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh temperatur terhadap perolehan dan karakteristik bio-oil sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif dalam mengurangi peningkatan limbah medis. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan melakukan uji pirolisis microwave pada limbah sarung tangan medis (medical gloves) yang akan menghasilkan bio-oil. Pengujian dilakukan dengan variasi temperatur 400℃, 450℃, 500℃, dan 550℃ dan karakteristik yang diteliti berupa massa jenis, pH, nilai kalor, serta komposisi kimia bio-oil. Pengujian nilai kalor dan komposisi kimia menggunakan sampel bio-oil terbanyak pada temperatur tertinggi 550℃. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perolehan bio-oil terbanyak berada pada temperatur 550℃ yaitu 46,5 gram. Karakteristik bio-oil berupa massa jenis, pH, nilai kalor, dan komposisi kimia. Nilai massa jenis rata-rata yaitu 0,92 g/cm3 , pH rata-rata sebesar 8,59, nlai kalor pada temperatur optimal sebesar 10.377,9 kal/g, hasil pengujian komposisi kimia terdapat tiga fraksi gasoline (bensin), kerosene (minyak tanah), dan biodiesel. Dominan fraksi terbanyak berupa gasoline (bensin) sebanyak 81,57 %. Pengujian yang dilakukan pada karakteristik komponen bio-oil masssa jenis, pH , nilai kalor sudah memenuhi kriteria karakteristik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) pada gasoline (bensin). Saran, pada limbah sarung tangan medis (medical gloves) dengan kandungan dominan berupa gasoline cocok untuk bahan bakar bensin. Perlu adanya hasil pengujian dan treatment yang lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) serta Perlu dilakukan destilasi bertingkat untuk memisahkan fraksi bahan bakar minyak yang masih bercampur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pirolisis Microwave, Temperatur dan Karakteristik Bio-Oil, Sarung Tangan Medis (Medical Gloves)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:40
Last Modified: 22 Apr 2024 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62532

Actions (login required)

View Item View Item