PERANCANGAN DAN ANALISIS KEKUATAN RUMAH AXLE DEPAN DAN BELAKANG MOBIL LISTRIK DENGAN KAPASITAS BEBAN 1 TON


Farkhan Abdullah, 52111417039 (2023) PERANCANGAN DAN ANALISIS KEKUATAN RUMAH AXLE DEPAN DAN BELAKANG MOBIL LISTRIK DENGAN KAPASITAS BEBAN 1 TON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211417039 - Farkhan Abdullah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Axle adalah poros atau shaft sebagai penyangga beban kendaraan dan padanya terpasang roda yang berputar. Secara fungsional axle dibagi menjadi dua yaitu penyangga kendaraan bagian depan (front axle) dan penyangga kendaraan bagian belakang (rear axle).Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Menciptakan design rumah axle yang memiliki kekuatan yang paling aman dan proporsional bersama menggunakan software drawing inventor; (b) Mengetahui nilai terendah pada simulasi von mises stress, displacement, safety factor pada design perancangan rumah axle depan mobil desa dalam bentuk 3D model bersama menggunakan software inventor. Model perancangan yang dipilih untuk melakukan pendekatan desain dan perancangan cyclone adalah metode pendekatan sistematis Pahl dan Beitz. Metode ini terdiri dari 4 fase merancang dimana masing-masing terdiri dari beberapa langkah. Fase fase dalam merancang menggunakan metode pendekatan sistematis Pahl dan Beitz yaitu: (1) Perencanaan dan penjelasan tugas , (2) Perancangan konsep produk, (3) Perancangan bentuk produk, dan (4) Perancangan Detail. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Desain rumah axle depan yang paling aman dan proporsional untuk digunakan pada mobil pedesaan adalah rumah axle yang telah di reverse engineering dengan ketebalan bahan 4 mm, dengan dimensi bentang panjang 980 mm, lebar 70 mm, tinggi 300 mm, dan lubang differential 210 mm didapatkan nilai von mises stress sebesar 129,9 MPa, nilai displacement sebesar 0,194 mm dan nilai safety factor sebesar 2,641; (b) Desain rumah axle belakang yang paling aman dan proporsional untuk digunakan pada mobil pedesaan adalah rumah axle yang telah di reverse engineering dengan ketebalan bahan 4 mm, dengan dimensi bentang panjang 980 mm, lebar 70 mm, tinggi 300 mm, dan lubang differential 210 mm didapatkan nilai von mises stress sebesar 192,2 MPa, nilai displacement sebesar 0,61 mm dan nilai safety factor sebesar 1,784.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Axle,Mobil Desa,Perancangan,Desain
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:30
Last Modified: 22 Apr 2024 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62531

Actions (login required)

View Item View Item