Implementasi Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Menggunakan Strategi PQE3R Pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA Negeri 2 Pati


Dody Rahayu Prasetyo , 4201407067 (2011) Implementasi Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Menggunakan Strategi PQE3R Pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA Negeri 2 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Menggunakan Strategi PQE3R Pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA Negeri 2 Pati]
Preview
PDF (Implementasi Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Menggunakan Strategi PQE3R Pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA Negeri 2 Pati) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tinjauan dan diskusi peneliti dengan guru fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Pati diperoleh informasi bahwa nilai rapor mata pelajaran fisika semester I untuk peserta didik kelas XI IPA lebih dari 50% di bawah ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70%. Hal ini terjadi karena kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Kurangnya motivasi menimbulkan peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran sehingga mereka akan merasa kesulitan dalam memahami konsep fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok dengan menggunakan strategi PQE3R. Pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi dan mengarahkan aktivitas kelas berpusat pada peserta didik. Melalui beberapa tahapan dalam proses penginvestigasian suatu permasalahan, peserta didik akan lebih mudah memahami suatu konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran investigasi kelompok menggunakan strategi PQE3R lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan sampel kelas kontrol dan eksperimen diambil secara random dari populasi yang homogen. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh data pemahaman konsep peserta didik pada kedua kelas sampel. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis diperoleh thitung=2,197dan ttabel=1,67 berarti thitung > ttabel sehingga dapat dinyatakan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil penelitian ini tidak menyimpang dari hasil penelitian Hobri dan Susanto (2006) dan Santyasa (2006) yang menyatakan dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok pemahaman konsep peserta didik meningkat dan lebih baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep peserta didik dengan penggunaan model investigasi kelompok menggunakan strategi PQE3R lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif. Disarankan pembelajaran investigasi kelompok dijadikan salah satu alternatif dalam pencapaian pemahaman konsep yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investigasi Kelompok, Strategi PQE3R, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 01:16
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item