Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011


Adibatul Khusna , 3101407058 (2011) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011]
Preview
PDF (Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat belajar sejarah siswa sangat menentukan dalam pembelajaran sejarah, namun masalah klasik pelajaran sejarah menyebabkan minat belajar siswa menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan memaksimalkan kompetensi yang dimiliki oleh guru sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) bagaimanakah persepsi siswa tentang kompetensi guru sejarah siswa kelas X SMA se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011, (2) bagaimanakah minat belajar siswa kelas X SMA se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011, (3) bagaimanakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru sejarah terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA se-Kecamatan Weleri Tahun 2010/2011. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi guru sejarah kelas X SMA se-Kecamatan Weleri, (2) untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas X SMA se-Kecamatan Weleri, (3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru sejarah terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA se-Kecamatan Weleri. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA se-Kecamatan Weleri yang berjumlah 449 siswa yang terdiri dari empat SMA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan melalui kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi guru sejarah kelas X SMA se-Kecamatan Weleri dalam kategori tinggi sebanyak 73,58% dari responden. Minat belajar sejarah yang dipengaruhi kompetensi guru sejarah kelas X SMA se-Kecamatan Weleri dalam kategori tinggi sebanyak 68,40% dari rseponden, dan hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan persamaan = 57.266 + 0.589 X, artinya setiap kenaikan variabel X satu satuan akan diikuti oleh kenaikan variabel 0.589 satuan. Simpulan penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru sejarah mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar sejarah. Semakin tinggi kompetensi guru sejarah, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian sebagai berikut: 1) bagi guru, kompetensi yang dimilikinya lebih ditingkatkan lagi dengan mengikuti MGMP, workshop, maupun seminar, 2) bagi siswa, perlu peningkatan belajar sejarah dari berbagai sumber belajar sejarah dan tidak hanya mengandalkan guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, kompetensi guru sejarah, minat belajar sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 01:12
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6251

Actions (login required)

View Item View Item