PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN KELAS X SMKN JATENG


Putri Diah Ayu Wandira, 5101419017 (2023) PENYUSUNAN BUKU PANDUAN PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN KELAS X SMKN JATENG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Putri. 2023. Penyusunan Buku Panduan Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pembelajaran Praktik Siswa Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan Kelas X SMKN JATENG. Dosen Pembimbing: Aris Widodo, S.Pd., M.T. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan atau tamatan yang memiliki hard skill maupun soft skill dengan salah satu caranya melalui pembelajaran praktik. Pentingnya budaya K3 saat ini masih dihiraukan dengan ditandainya adanya peningkatan kecelakaan kerja yang terjadi pada setiap tahunnya. Guna maksimalnya pelaksanaan K3 yang ada di SMKN Jawa Tengah dengan demikian peneliti bermaksud untuk menyusun media bantu guna meningkatkan pelaksanaan K3 peserta didik berupa buku panduan penerapan K3. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah penyusunan buku panduan serta mengetahui besarnya pengaruh buku panduan terhadap peningkatan K3 peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian deskripsi kuantitatif melalui observasi dan wawancara serta penyebaran angket kuisioner. Penyusunan buku dilakukan dengan mengambil 4D Models serta disempurnakan melalui validitas ahli. Pengaruh buku panduan terhadap penerapan K3 peserta didik dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana serta observasi atau pengamatan kembali yang dilakukan oleh peneliti terhadap sikap peserta didik dalam penerapan K3. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: (1) hasil validitas oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 91,66% menunjukkan materi K3 termasuk kedalam materi yang sangat layak dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, (2) hasil uji t dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol ditemukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara buku panduan terhadap penerapan K3 peserta didik (3) hasil observasi atau pengamatan kembali terhadap sikap penerapan K3 pada sikap sering melakukan mendapatkan hasil dengan keseluruhan rata-rata presentase sebesar 58,28% dengan demikian sudah lebih dari 50% sikap siswa sering melakukan penerapan K3.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guidebook Development, OSH Implementation
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:55
Last Modified: 01 Apr 2024 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62501

Actions (login required)

View Item View Item