PENGARUH JUMLAH SUDU TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL BERDAYA 2KW TIPE DARRIEUS DUA TINGKAT PADA MENARA BASE TRANSCEIVER STATION


AlRofiq Hermawan, 5211417030 (2023) PENGARUH JUMLAH SUDU TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL BERDAYA 2KW TIPE DARRIEUS DUA TINGKAT PADA MENARA BASE TRANSCEIVER STATION. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan Energi angin merupakan energi yang sangat cakap untuk menjadi energi alternatif sebagai pembangkit energi listrik. Turbin angin memanfaatkan energi angin yang menerpa sudu turbin sehingga turbin berputar dan menghasilkan energi listrik. Penelitian ini menganalisis tentang simulasi turbin angin sumbu vertikal berdaya 2kW tipe Darrieus dua tingkat sebagai bentuk upaya memanfaatkan energi angin. Hasil penelitian ini digunakan sebagai acuan dalam pengoptimalan unjuk kerja turbin angin yang dapat diaplikasikan pada menara BTS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan software Solidwork. Metode simulasi pada penelitian ini menggunakan Finite Element Method (FEM), diawali dengan perancangan bentuk sudu turbin dengan airfoil NACA 0012, kemudian simulasi dilakukan dengan menggunakan variasi sudu 2 sudu atas 2 sudu bawah, 3 sudu atas 3 sudu bawah, dan 4 sudu atas 4 sudu bawah. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pada koefisien daya terbesar yaitu 20,57 didapatkan dari simulasi turbin 2 tingkat 4 sudu pada kecepatan angin 3m/s. Sedangkan koefisien daya terkecil didapatkan dari simulasi turbin 2 tingkat 4 sudu pada kecepatan angin 7m/s yaitu sebesar 1,87.. Hal ini disebabkan semakin banyak sudu pada turbin maka semakin besar pula koefisien dayanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: turbin angin tipe darrieus, BTS, variasi sudu, energi alternatif, simulasi, Solidwork
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:55
Last Modified: 01 Apr 2024 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62500

Actions (login required)

View Item View Item