PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 5 SEMARANG


Muhammad Farkhan Ali Mustofa, 5101418039 (2023) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mustofa, Farkhan. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Mata Pelajaran Mekanika Teknik Pada Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 5 Semarang, Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang. Alat evaluasi merupakan alat yang digunakan untuk mengukur, menilai dan mengevaluasi sejauh mana siswa mampu mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan didapatkan bahwa dalam proses evaluasi pembelajaran pendidik masih menggunakan alat evaluasi konvensional atau masih berbasis kertas. Sehingga peneliti berpikir perlunya pegembangkan alat evaluasi yang dapat membantu pendidik dan diharapkan akan lebih efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tipologi desain yang baik dalam membuat alat evaluasi pembelajaran berbasis teknologi interaktif dan bagaimana respon serta hasil evaluasi siswa menggunakan alat evaluasi berbasis teknologi interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan angket kuisioner. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket kuisioner siswa dan analisis butir soal evaluasi. Dalam penelitian ini populasi sasarannya adalah siswa SMK Negeri 5 Semarang kompetensi keahlian DPIB yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran mekanika teknik berjumlah 86 siswa. Hasil dari validasi ahli materi didapatkan presentase akhir sebesar 93%, dengan kriteria sangat layak, hasil dari validasi ahli media didapatkan presentase akhir sebesar 75,2%, dengan kriteria layak, hasil uji coba produk dilapangan dari penilaian siswa terhadap alat evaluasi memperoleh presentase akhir sebesar 80% dengan kriteria menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Evaluasi, Pengembangan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:44
Last Modified: 01 Apr 2024 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62497

Actions (login required)

View Item View Item