PENGARUH EFIKASI DIRI DAN ORIENTASI SOSIAL TERHADAP INTENSI SUSTAINABLE ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Trisna Wulandari, 7101416242 (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN ORIENTASI SOSIAL TERHADAP INTENSI SUSTAINABLE ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sustainable entrepreneurship merupakan jawaban dari permasalahan kewirausahaan di Indonesia, kewirausahaan yang memiliki dampak negatif minimal, atau berpotensi memberikan efek positif, pada lingkungan global atau lokal ,komunitas, masyarakat atau ekonomi bisnis yang berupaya untuk memenuhi triple botton line. Kewirausahaan yang berkelanjutan merupakan suatu bentuk wirausaha yang berpartisipasi dalam kegiatan ramah lingkungan untuk memastikan bahwa semua proses kewirausahannya mampu mengatasi masalah lingkungan. Berdasarkan data awal yang ditemukan, masih sedikit mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang minat untuk berwirausaha. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan orientasi sosial secara parsial dan simultan terhadap intensi sustainable entrepreneurship mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah 272 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 162 orang yang dihitung dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis uji hipotesis, dan analisis deskriptif persentase dengan menggunakan bantuan program SPSS for Windows Release 21. Hasil penelitian data diperoleh persamaaan regresi berganda yang selanjutnya disingkat dengan Y = 26,955 + 0,245 X1+ 0,672 X2 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel efikasi diri dan orientasi sosial berpengaruh positif terhadap intensi sustainable entrepreneurship. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan intensi sustainable entrepreneurship dapat dicapai dengan meningkatkan efikasi diri dan orientasi sosial. Saran dari penelitian ini adalah (1) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk lebih meningkatkan lagi efikasi diri agar rasa jiwa wirausahanya semakin meningkat, (2) lebih mengingkatkan hubungan sosial dengan rekan prodi, jurusan atau fakultas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Orientasi Sosial dan Intensi Sustainable Entrepreneurship.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:42
Last Modified: 01 Apr 2024 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62496

Actions (login required)

View Item View Item