PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN ELEMEN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 2 SALATIGA


Enggar Ardianto, 5101418030 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN ELEMEN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Enggar Ardianto. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan Elemen Gambar Teknik Kelas X SMK N 2 Salatiga. Dosen Pembimbing: Ir. Eko Nugroho Julianto, S.Pd., M.T., IPP Terdapat perubahan kurikulum di Indonesia dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. SMK Negeri 2 Salatiga sudah menerapkan kurikulum merdeka termasuk pada pelajaran dasar dasar teknik konstruksi dan perumahan. Pada prakteknya pada mata pelajaran tersebut di SMK Negeri 2 Salatiga masih menggunakan alat bantu ajar berbentuk lembar kerja siswa dengan kurikulum 2013 dan hanya terdapat gambar saja di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan Elemen Gambar Teknik serta mengetahui tingkat kelayakan dan kepuasan siswa terhadap lembar kerja yang dikembangkan untuk kelas X TKP SMK N 2 Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Model pengebangan Four D mempunyai empat tahap, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKP SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlah 36 siswa Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian ini menghasilkan pengembangan lembar kerja standar gambar teknik (Garis, Huruf & Angka, Simbol) yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Tingkat kelayakan lembar kerja diketahui dari penilaian ahli materi dan ahli media sedangkan tingkat kepuasan siswa diketahui dari penyebaran angket kepuasan siswa. Hasil dari penilaian tiga ahli materi atas aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kemanfaatan mencapai 95,36% dikategori sangat layak. Hasil dari penilaian tiga ahli media atas aspek desain sampul, desain isi, dan manfaat mencapai 88,15% dikategori sangat layak. Hasil penyebaran angket kepuasan memperoleh hasil 89,09% dikategori sangat puas. Berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa lembar kerja yang dikembangkan dapat digunakan pada pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan Elemen Gambar Teknik kelas X TKP SMK N 2 Salatiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja, Media Pembelajaran.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:37
Last Modified: 01 Apr 2024 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62494

Actions (login required)

View Item View Item