PERLINDUNGAN BODY BUS LEGACY SR2 DENGAN PENGECATAN GUNA MENGHINDARI TERJADINYA KOROSI SERTA UNTUK MENINGKATKAN KEKILAPAN


Narendra Firmansyah, 5202419020 (2023) PERLINDUNGAN BODY BUS LEGACY SR2 DENGAN PENGECATAN GUNA MENGHINDARI TERJADINYA KOROSI SERTA UNTUK MENINGKATKAN KEKILAPAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Firmansyah, Narendra. 2023. Perlindungan Body Bus Legacy SR2 Dengan Pengecatan Guna Menghindari Terjadinya Korosi Serta Untuk Meningkatkan Kekilapan. Ahmad Roziqin, S. Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Bus Legacy SR-2 memiliki struktur bodi yang kuat. Namun pada perspektif negatif bodi bus memiliki kekurangan berupa timbulnya korosi yang disebabkan oleh faktor ilmiah dan faktor lingkungan. Disisi lain bodi bus harus memiliki kekilapan yang baik. Kedua unsur tersebut dapat tercapai jika dilakukan pengecatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pengecatan terhadap ketahanan korosi dan kekilapan pada Bus Legacy SR-2. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design jenis one shot case study. Prosedur penelitian untuk pengujian korosi berupa melakukan pengujian pada spesimen galvanis dengan 4 layer yang berbeda di SST (Salt Spray Test) selama ± 504 jam dan pengujian kilap dari variasi clear coat dan tiner pada panel bus menggunakan gloss meter. Hasil penelitian menunjukkan pelapisan cat yang lengkap lebih tahan korosi dibandingkan tanpa pelapisan cat dengan hasil persentase 69,61%. Untuk hasil uji kilap dari variasi campuran clear coat dan tiner menunjukkan bahwa campuran yang ideal (1:1) memiliki nilai kilap yang lebih baik dengan hasil rata-rata yaitu 94,18 GU.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bus Legacy SR-2, bodi bus, korosi, kekilapan, pengecatan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:42
Last Modified: 01 Apr 2024 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62492

Actions (login required)

View Item View Item