SEJARAH KOPERASI UNIT DESA WANASARI: PERKEMBANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH TAHUN 1981-1991


ALMAULA AGHITSNI, 3111418002 (2023) SEJARAH KOPERASI UNIT DESA WANASARI: PERKEMBANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH TAHUN 1981-1991. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa pemerintahan Orde Baru untuk mewujudkan pembangunan ekonomi hingga ke desa maka pemerintah membentuk Badan Usaha Unit Desa kemudian berubah menjadi Koperasi Unit Desa. BUUD atau KUD merupakan lembaga ekonomi yang berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian desa di seluruh wilayah Indonesia guna meningkatkan perekonomian wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Koperasi Unit Desa Wanasari yang terletak di Kecamatan Wanasari terhadap perkembangan ekonomi masyarakat wilayah setempat. Ruang lingkup penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu spasial yang cakupannya terbatas di wilayah Kecamatan Wanasari. Tahun 1981 dijadikan tahun awal penulisan, karena di tahun tersebut KUD Wanasari berdiri dan tahun 1991 menjadi tahun terakhir penulisan karena dalam rentang waktu 10 tahun penulis ingin melihat perkembangan KUD Wanasari dan dampak yang diberikan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sejarah kritis analitis serta menggunakan teori ekonomi kerakyatan dan teori common pool resources untuk menganalisa permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi 4 langkah, yaitu: 1. Heuristik, merupakan pencarian sumber-sumber sejarah serta menentukan objek penelitian. 2. Kritik Sumber, merupakan usaha untuk mengukur tingkat kebenaran melalui seleksi data yang telah terkumpul. 3. Interpretasi, merupakan penafsiran terhadap suatu peristiwa melalui sumber-sumber sejarah yang telah terkumpul. 4. Historiografi, merupakan tahap penulisan dan penyusunan cerita sejarah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa sejarah awal pembentukan KUD Wanasari bermula dari BUUD Klampok dan BUUD Banjaratma. Masyarakat wilayah Wanasari yang mayoritas merupakan petani dapat merasakan manfaat melalui pelayanan dan unit-unit usaha yang telah disediakan oleh KUD Wanasari. Jika dilihat dari data yang ada KUD Wanasari sendiri telah mengalami perkembangan dalam jumlah anggota dan perputaran modal yang terus meningkat dari tahun 1981 hingga tahun 1991. Terdapat korelasi antara KUD Wanasari dengan keadaan lingkungan serta komoditi di masyarakat yang kemudian menghasilkan perkembangan ekonomi masyarakat di wilayah Wanasari. Hal ini dapat terjadi karena pada KUD Wanasari terdapat unit-unit usaha seperti Saprodi, Pengadaan pangan, Unit Rice Mill, dan Kredit Usaha Tani yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertanian sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari keberadaan KUD Wanasari. Keberadaan KUD Wanasari memberikan dampak dari segi sosial dan ekonomi terhadap masyarakat Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koperasi Unit Desa Wanasari, Masyarakat Wanasari, Pemerintah Orde Baru dan Perkembangan Ekonomi.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:30
Last Modified: 01 Apr 2024 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62490

Actions (login required)

View Item View Item