Hubungan Antara Minat Baca dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal


Riski Panjikumoro, 1402407164 (2011) Hubungan Antara Minat Baca dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Minat Baca dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal]
Preview
PDF (Hubungan Antara Minat Baca dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat membaca adalah motivasi dan keinginan yang kuat bagi seseorang untuk membaca. Kontinuitas belajar adalah kelangsungan dalam proses belajar secara terus menerus sehingga keteraturan, kedisiplinan, ketekunan, keuletan, pengaturan waktu dan memusatkan perhatian pada materi pelajaran sangat diperlukan agar hasil belajarnya dapat meningkat. Prestasi hasil belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan oleh nilai tes atau nilai yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara minat membaca dan kontinuitas belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dengan menggunakan sampel siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal. Terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa berpengaruh negatif terhadap prestasi hasil belajar siswa. Sedangkan kontinuitas belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar siswa. Simpulan peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah tidak ada hubungan antara minat membaca dan kontinuitas belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal. Saran peneliti yaitu alangkah baiknya jika minat membaca dan kontinuitas belajar ditanamkan sejak dini pada diri anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Kontinuitas Belajar, Prestasi Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 01:09
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item