STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON SAID HIDAYAT DAN WAHYU IRAWAN PADA PILKADA BOYOLALI TAHUN 2020 (STUDI KASUS KEMENANGAN DI DESA JELOK KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI)


Ilham Bayu Widianto, 3312418007 (2023) STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON SAID HIDAYAT DAN WAHYU IRAWAN PADA PILKADA BOYOLALI TAHUN 2020 (STUDI KASUS KEMENANGAN DI DESA JELOK KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi politik menjadi bagian penting dalam kemenangan Pasangan Said Hidayat dan Wahyu Irawan di Desa Jelok. Hadir sebagai incumbent dan calon tunggal tentunya memiliki keuntungan seperti, citra, popularitas, dan penguasaan opini di masyarakat. Pandemi Covid-19 menjadi tantangan utama pada Pilkada kali ini, segala keterbatasan yang ada menghambat seluruh kehidupan masyarakat. Pasangan Said-Irawan berhasil memperoleh kemenangan 97% di Desa Jelok. Kemenangan yang begitu luar biasa ditengah tantangan Pandemi Covid-19 tentunya menjadi hal yang unik. Oleh karena itu, peneliti meneliti bagaimana strategi kampanye politik yang dilakukan oleh Pasangan Said-Irawan di Desa Jelok. Metode penelitian yang digunakan dalam peneliiian ini adalam kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan untuk menganalisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan oleh Pasangan Calon Said Hidayat dan Wahyu Irawan berhasil dalam memperoleh kemenangan di Desa Jelok. Melalui tim pemenangan konsep strategi dijalankan melalui strategi komunikasi meliputi kampanye tatap muka secara tertutup yakni dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan kampanye secara terbuka dengan melakukan kampanye melalui kegiatan pagelaran seni wayang, adapun branding yang diperkenalkan kepada masyarakat yaitu “ Salam Metal”, kemudian dalam membangun image politik dilakukannya penguatan secara internal, dan melakukan berbagai kegiatan sosial, dalam membangun opini public menggunakan peranan media, baik media massa maupun media social whatsappgrub. dan pembentukan koalisi yang turut mendongkrak dalam perolehan suara, yang bertujuan untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat di Desa Jelok. Saran yang diajukan dalam penelitian DPC PDIP selaku partai politik pengusung pasangan Said-Irawan perlu lebih mengembangkan kampanye politik melalui media social, seperti instagram, twitter, tiktok untuk meningkatkan citra politik kepada masyarakat, dan melaksanakan kegiatan social masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Politik, Kemenangan, Pandemi Covid-19
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:13
Last Modified: 01 Apr 2024 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62484

Actions (login required)

View Item View Item