ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMK N JATENG SEMARANG TERHADAP STANDAR SARANA DAN PRASARANA SMK


Ahmad Wahyu Revana, 5101417034 (2023) ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMK N JATENG SEMARANG TERHADAP STANDAR SARANA DAN PRASARANA SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101417034_revan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ahmad Wahyu Revana, 2023. Analisis Tingkat Kesesuaian Sarana dan Prasarana Sekolah di SMK N Jateng Semarang Terhadap Standar Sarana dan Prasarana SMK. Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Sucipto, M.T., IPM. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan hal yang begitu penting sehingga hampir setiap institusi bersaing untuk memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan guna menaikkan kualitas dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghetahui tingkat kesesuaian sarana dan prasarana pendidikan di SMK N Jateng Semarang terhadap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 34 Tahun 2018. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik interview dan dokumentasi digunakan sebagai penguat data. Hasil penelitian tingkat kesesuaian sarana dan prasarana untuk pembelajaran di SMK N Jateng Semararang ruang pembelajaran umum memiliki tingkat kesesuaian sebesar 62,75% yang masuk dalam kriteria tidak sesuai standar, ruang praktik/laboratorium keahlian memiliki tingkat kesesuaian 80,9% yang masuk dalam kriteria kurang sesuai standar, ruang pimpinan dan administrasi memiliki tingkat kesesuaian 56,89% yang masuk dalam kriteria tidak sesuai standar, ruang penunjang memiliki tingkat kesesuaian sebesar 78,52% yang masuk dalam kriteria kurang sesuai standar. Serta tingkat kesesuaian dari keseluruhan sarana dan prasarana di SMK N Jateng Semarang yang meliputi ruang pembelajaran umum, ruang praktik/laboratorium keahlian, ruang pimpinan dan administrasi, ruang penunjang adalah sebesar 80,73% yang masuk dalam kriteria kurang sesuai standar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana, Kesesuaian, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:29
Last Modified: 01 Apr 2024 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62481

Actions (login required)

View Item View Item