Pembentukan Citra Partai Demokrat Melalui Instagram (Studi pada Partai Demokrat pada Pemilu 2020 di Kabupaten Pati)


Rita Suswati, 3312418001 (2023) Pembentukan Citra Partai Demokrat Melalui Instagram (Studi pada Partai Demokrat pada Pemilu 2020 di Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media sosial mulai memasuki bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga bidang politik. Sekarang dalam dunia politik, media sosial banyak digunakan untuk membangun citra politik. Awalnya media yang paling sering digunakan adalah media elektronik dan media cetak seperti televisi dan surat kabar. Namun seiring berjalannya waktu, media-media tersebut mulai tergantikan oleh media sosial. Media sosial menjadi media bagi partai politik untuk membangun citra politik. Melalui media sosial, partai menunjukkan eksistensi dirinya kepada khalayak, oleh karena itu dalam menggunakan media sosial untuk membangun citra membutuhkan strategi serta melewati proses untuk mencapai citra politik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi menggunakan sumber data primer dan sekunder. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Adapun subjek dari peneitian ini adalah Partai Demokrat serta masyarakat dan objek dalam penelitian ini adalah akun media sosial Instagram partai Demokrat Kabupaten Pati. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial instagram untuk membangun citra partai dalam pemilu tahun 2020 di Kabupaten Pati tidak lepas dari adanya strategi serta proses pembentukan citra. Terdapat tiga strategi partai Demokrat Kabupaten Pati dalam membangun citra partai yaitu: 1) memantapkan ketokohan; 2) menguatkan kelembagaan; 3) menciptakan kebersamaan. Kemudian proses pembentukan citra di media sosial instagram meliputi enam tahap yaitu: 1) Stimulus atau rangsangan; 2) Persepsi; 3) Kognisi; 4) Motivasi; 5) Sikap; 6) Respon/perilaku. Saran dari penelitian ini untuk Partai Demokrat Kabupaten Pati, dapat menggunakan media sosial instagram lebih aktif lagi, serta dalam menyampaikan konten-konten harus lebih menarik sehinga apa yang ditampilkan dalam akun instagram tidak terlihat membosankan. Partai Demokrat harus merekrut anggota yang muda, kreatif, dan tekun dalam bersosial media. Hal tersebut untuk meningkatkan performa tampilan feed instagram partai Demokrat Kabupaten Pati agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Citra, Partai Politik
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:02
Last Modified: 01 Apr 2024 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62480

Actions (login required)

View Item View Item