Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kendalsar


Ike Yunia Meka , 1402407023 (2011) Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kendalsar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kendalsar]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kendalsar) - Published Version
Download (823kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar merupakan indikator keberhasilan proses pembelajaran. Adanya aktivitas dan hasil belajar yang baik dapat menunjukkan bahwa materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru dapat dipahami siswa dengan baik. Aktivitas siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah kurang memberdayakan siswa sebagai penerima pengetahuan untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, serta kurang mengembangkan keterampilan sosial yang kelak dapat berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Suatu alternatif metode pembelajaran diperlukan, di antaranya yaitu menerapkan metode cooperative learning tipe STAD. Dari uraian tersebut, muncul rumusan masalah, “apakah aktivitas belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran IPS materi permasalahan sosial dengan menggunakan metode cooperative learning tipe STAD akan tinggi dan apakah hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran IPS materi permasalahan sosial dengan menggunakan metode cooperative learning tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah?” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 04 Kendalsari Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV semester II SD Negeri 01 dan 04 Kendalsari tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas IV SD Negeri 04 Kendalsari sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Kendalsari sebagai kelompok kontrol. Data awal penelitian ini yaitu nilai pretest (tes awal) pada materi permasalahan sosial. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa sampel berada pada titik awal yang sama (nilai rata-rata kelompok eksperimen 58,6 dan kelompok kontrol 61,1). Setelah kelompok eksperimen diberikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan kelompok kontrol diberi metode pembelajaran ceramah, kedua kelompok diberikan tes akhir (posttest) pada materi permasalahan sosial. Diperoleh rata-rata nilai hasil belajar untuk kelas eksperimen adalah 81,2 dan untuk kelas kontrol adalah 75,7. Dari data hasil belajar siswa tersebut, peneliti menguji normalitas dan homogenitasnya untuk menentukan teknik uji hipotesis yang digunakan. Dari uji normalitas diketahui bahwa, data tersebut berdistribusi tidak normal, karena nilai signifikansi Kolmogorov-Smirnov < 0,05. Nilai signifikansi Kolmogorov-Smirnov kelompok eksperimen sebesar 0,036, sementara nilai signifikansi Kolmogorov-Smirnov kelompok kontrol sebesar 0,004. Oleh karena data berdistribusi tidak normal, maka teknik uji hipotesis yang digunakan yaitu Mann Whitney U Test. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Mann Whitney U Test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,333. Nilai tersebut lebih besar dari 0,05. Oleh karenanya, hipotesis nol yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode cooperative learning tipe STAD tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kendalsari. Untuk rata-rata nilai aktivitas belajar kelompok eksperimen sebesar 81,6. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, aktivitas belajar siswa tinggi, karena melampaui target yang ditetapkan, yaitu 75 dan semua siswa memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran yakni, metode cooperative learning tipe STAD perlu disosialisasikan dan dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS di sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, guru kreatif dalam memotivasi siswa agar mereka lebih semangat dalam mengikuti pelajaran, dan guru dapat memberikan sikap positif atau penghargaan pada setiap aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Cooperative Learning tipe STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 01:05
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item View Item