PEMANFAATAN KOMIK WEB DEDES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI HINDU-BUDDHA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELAS X-2 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG


Muhimmaturrisana, 3101419095 (2023) PEMANFAATAN KOMIK WEB DEDES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI HINDU-BUDDHA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELAS X-2 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menemukan masalah pada pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar. Diketahui bahwa terjadi kesenjangan motivasi belajar pada peserta didik yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Media pembelajaran berpengaruh pada motivasi belajar peserta didik, sehingga diupayakan untuk memperbaiki motivasi belajar melalui media komik. Tujuan pada penelitian ini meliputi (1) untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X�2 (2) untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran di kelas X-2 (3) untuk mengetahui pemanfaatan Komik Web Dedes terhadap motivasi belajar di Kelas X�2 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Permasalahan skripsi ini berfokus pada pemanfaatan Komik Web Dedes sebagai media pembelajaran sejarah terhadap motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Komik Web Dedes terhadap motivasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kajian dokumen sebagai data penelitian. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Objek penelitian berada di kelas X-2 dengan jumlah populasi 30 peserta didik dan pengambilan sampel sejumlah 9 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) peserta didik mengalami beberapa masalah yang berkaitan pada motivasi belajar seperti nilai belajar yang di bawah rata-rata, pemahaman yang minim dan beberapa hal lain yang dipicu oleh masalah eksternal, (2) Pembelajaran sejarah di SMA Kesatrian 2 Semarang cukup bervariasi dengan memanfaatkan beberapa media baik fisik maupun digital, (3) Pemanfaatan media komik pada pembelajara Sejarah di Kelas X telah digunakan sebagai salah satu variasi media belajar, hasilnya menunjukkan ketertarikan adanya motivasi dari peserta didik. Kesimpulan pada penelitian ini pemanfaatan media Komik Web Dedes memberikan dampak positif kepada peserta didik untuk belajar sejarah. Meskipun pemanfaatannya belum maksimal, namun pengenalan media yang baru memberikan kesan yang menarik minat belajar dengan menstimulus imajinasi pembaca, sehingga memberi pemahaman lebih tentang Kerajaan Hindu-Buddha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:56
Last Modified: 01 Apr 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62477

Actions (login required)

View Item View Item