PEMANFAATAN MUSEUM TOSAN AJI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN KEHIDUPAN MASA PRAAKSARA KELAS X-7 SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN 2022/2023


Shania Julianita, 3101419092 (2023) PEMANFAATAN MUSEUM TOSAN AJI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN KEHIDUPAN MASA PRAAKSARA KELAS X-7 SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena menemukan permasalahan dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran sejarah di kelas X-7 SMA Negeri 5 Purworejo. Permasalahan di karenakan sumber belajar tidak variatif dan kurangnya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar di kelas X-7 SMA Negeri 5 Purworejo. (2) Untuk mengetahui manfaat sumber belajar berupa Museum Tosan Aji. (3) Untuk mengetahui sumber belajar Museum Tosan Aji dalam mendukung kegiatan pembelajaran di kelas X-7 SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi, angket sebagai media pendukung dan kajian dokumen. Menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Objek penelitian ini adalah kelas X-7 SMA Negeri 5 Purworejo dengan jumlah responden 36 peserta didik namun diambil 10 peserta didik secara acak. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan sumber belajar di kelas X�7 SMA Negeri 5 Purworejo menggunakan sumber belajar utama berupa buku teks, peta dan internet. (2) Pemanfaatan Sumber Belajar Museum Tosan Aji dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Kehidupan Masa Praaksara dimanfaatkan melalui kegiatan kunjungan. (3) Dukungan Museum Tosan Aji Sebagai Sumber Belajar Pembelajaraan Sejarah Pokok Bahasan Kehidupan Masa Praaksara bagi peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 5 Purworejo melalui kegiatan kunjungan dan pendampingan. Dari penelitian tersebut, peneliti menyarankan untuk dilakukan variasi dalam pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran dan melakukan peningkatan dalam memanfaatkan museum sebagai sumber belajar. Hal ini memiliki tujuan agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan meningkatkan semangat belajar peserta didik. Variasi dalam pembelajaran penting dalam mengatasi permasalahan sumber belajar salah satunya dengan pemanfaatan Museum Tosan Aji sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Museum Tosan Aji, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:47
Last Modified: 01 Apr 2024 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62475

Actions (login required)

View Item View Item